Cegah Penyebaran Covid-19, Tim Kukerta Balek Kampung UNRI Ciptakan Alat Cuci Tangan Tanpa Sentuhan

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, ROKAN HULU – Virus Covid-19 yang dapat menyebar melalui kontak erat dengan orang yang terinfeksi maupun melalui benda yang terkontaminasi, membuat Tim Balek Kampung Desa Pasir Makmur merancang inovasi produk berupa alat cuci tangan tanpa sentuh menggunakan Sensor Infrared (Proximity).

Tim yang terdiri dari Mahasiswa Universitas Riau (UNRI) yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) di Desa Pasir Makmur, Rokan Hulu – Riau ini, membuat alat cuci tangan tanpa sentuhan dengan sistem sensor sebagai bentuk pengabdian dan kepedulian mereka terhadap masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Berbeda dari alat cuci tangan otomatis kebanyakan, alat yang diciptakan oleh mahasiswa UNRI tersebut merupakan alat cuci tangan otomatis tanpa mikrokontroler. Alat ini dibuat dengan komponen sederhana yang mudah didapatkan di pasaran seperti sensor IR, transistor pnp 9015, resistor 560 Ω, dan pompa galon elektrik.

Cara penggunaannya alat ini pun sangat sederhana, yaitu dengan mengarahkan telapak tangan ke sensor, secara otomatis air akan mengalir dan begitu pula cara mematikannya.

  • Bagikan