Kabupaten Rohil Siap Jadi Daerah Pariwisata Riau

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, BAGANSIAPIAPI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat mengatakan kesiapannya untuk  menjadikan negeri berjuluk seribu kubah sebagai sekolah Kabupaten Adiwiyata di Propinsi Riau.

Demikian hal itu disampaikan Kadis DLH Rohil, Suwandi S Sos akhir pekan lalu diruang kerjanya, Jalan kecamatan, Batu enam, Bagansiapiapi. Ia mengatakan kalau Sekolah Adiwiyata merupakan sekolah yang unggul dalam Pendidikan Lingkungan Hidup serta kepedulian sekolah terhadap lingkungan tempat tinggalnya. Saat ini ada 18 sekolah yang sedang dilakukan pembinaan untuk tingkat Kabupaten dan 16 sekolah untuk pembinaan tingkat nasional.

Tujuan dari program adiwiyata ini sebutnya menjadikan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan, sehingga semua warga sekolah harus peduli terhadap lingkungan dan berbudaya lingkungan.

Program ini dicanangkan untuk mengembangkan lingkungan belajar yang sehat, aman, nyaman,dan menyenangkan, sehingga diharapkan adiwiyata mampu menciptakan Lingkungan belajar yang ideal dan baik untuk memperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma dan etika. Dengan adanya ilmu yang dimiliki masing-masing siswa kiranya dapat diterapkan di rumah dan di Lingkungan tempat tinggalnya.

“Alhamdulillah Tahun 2018 ini Pemkab Rohil melalui Dinas Lingkungan Hidup mengusulkan calon sekolah  Adiwiyata Propinsi Riau sebanyak 6 sekolah. Rohil siap menjadi sekolah Kabupaten Adiwiyata Propinsi Riau,” ujarnya dengan semangat.

Suwandi juga menjelaskan, dari data yang ada di DLH Kabupaten Rohil sampai tahun ini sudah hampir 50 Sekolah Adiwiyata terprogram, baik dari tingkat Kabupaten, maupun Tingkat Provinsi, bahkan Tingkat Nasional, maka dari itu sudah layak kabupaten Rokan Hilir untuk dicanangkan sebagai sekolah Kabupaten Adiwiyata. “Pencanangan Program Adiwiyata ini akan kita laksanakan pada saat hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat Kabupaten Rohil,” kata Suwandi.

Adapun 6 sekolah yang masuk dalam usulan calon sekolah Adiwiyata Propinsi Riau Tahun 2018 adalah SD Negeri 008 Teluk Pulau Hulu, MTs Negeri Ujung Tanjung Filial Bagan Sinembah, SMA Negeri 2 Pujud, SMK Negeri 1 Rimba Melintang, SD Swasta Harapan Bangko Pusako dan SD Swasta Bina Siswa Balam Sempurna Kecamatan Balai Jaya.(jum)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *