Masyarakat Belum Sadar, Sampah Masih Berserakan

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, Pekanbaru – Permasalahan sampah di Kota Pekanbaru tampaknya belum usai. Berbagai upaya telah diterapkan untuk mengatasi permasalahan ini.

Zulfikri selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) menjelaskan memang masih ada titik-titik di beberapa tempat yang ditemui sampah. Hal itu bukan karena petugas tidak mengangkut sampah, sampah yang dibuang masyarakat tersebut dibuang tidak tepat pada waktunya.

“Harusnya dibuang pada malam hari hingga pukul 05.00 WIB. Dengan begitu saat petugas tiba, sampah langsung diangkut. Sehingga sampah tidak lagi berserakan saat pagi hingga siang hari. Namun jika sampah dibuang sudah lewat pukul 09.00 WIB tentu tidak terangkut karena petugas sudah selesai mengangkut sampah,” ujar Zulfikri.

“Pengangkutan sampah dilakukan hingga dua kali sehari di tempat yang sama. Yaitu sekitar pukul 08.00 WIB dan pukul 14.00 WIB. Jadi, sampah yang masih tersisa bisa diangkut lagi pada pengangkutan kedua pada siang hari,” Tambahnya.

Selain pola pembuangan sampah yang tidak tepat waktu, tidak sedikit tempat pembuangan sampah ilegal bermunculan. Akibatnya, penumpukan sampah tidak terelakkan karena sampah tidak terangkut oleh petugas.(lib)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *