Bupati Rohul Tanam Bawang Merah Perdana di lokasi Koptan Suka Maju Tani Tambusai Utra

  • Bagikan
Bupati Sukiman, Kapolres, anggota DPRD Fraksi PDI.P, tanam bawang di Desa Persiapan Mahato Sindur Jaya, Tambusai Utara.

RIAUDETIL.COM, ROKAN HULU – Upaya tingkatkan ekonomi masyarakat, Kelompok Tani Suka Maju Tani dan Lestari Jaya Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Pandawa Sakti, Desa Persiapan Mahato Sindur Jaya Kecamatan Tambusai Utara, berkebun bawang merah.

Upaya mendukung petani dalam meningkatkan ekonomi masyarakat,
Bupati Rokan Hulu (Rohul) H Sukiman, ikut tanam bawang merah perdana di lokasi Koptan Suka Maju Tani dan Lestari Jaya Gapoktan Pandawa Sakti, Kamis (16/9/2021) kemarin.

Juga hadir di kegiatan penanaman bawang merah, Ketua TP PKK Rohul Hj.Peni Herawati,Kapolres AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito, anggota DPRD Rohul Fraksi PDIP Sik Fikal Lumban Gaol, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Rohul, Kades Mahato Firiadi, Pj Kades Desa Mahato Sindur Jaya Sarifman Zani, serta kelompok tani.

Menjangkau ke lokasi penanaman bawang merah, Bupati Sukiman dan rombongan, harus menempuh perjalan jauh berdebu dan disambut antusias anggota koptan.

Penanaman bawang merah, dilakukan di lahan seluas 2 hektar dan bibit bawang bantuan dana APBN sebanyak 8 ton, dan sudah ditanami sebagian sekitar 1 bulan lalu, dan siap dipanen lebih kurang satu setengah bulan kedepan.

Bupati Sukiman dan rombongan, lakukan penanaman bawang di lahan koptan, dirinya berharap bawang yang ditanam bisa berhasil dan dapat menunjang perekonomian masyarakat.

Bupati Sukiman di sela-sela kegiatan, menyerahkan bantuan dari Anggota DPR RI Fraksi PDIP Ir Efendi Sianipar melalui anggota DPRD Rohul Fraksi PDIP Fikal Lumban Gaol, ke Koptan traktor roda empat 1 unit, hand traktor 3 unit, konselor mobile 1 unit, pompa air 2 unit, kultivator 4 unit dan suprayer 5 unit.

Juga diserahkannya bioflok beserta ikannya 1 unit 8 kolam dengan diameter 3 meter, bibit ikan lele 24.000 ekor, pengelolaan pupuk organik 1 unit, dan 8 ekor sapi beserta piar, ditambah mesin cas.

“Agar koptan dan masyarakat dapat merawat dan menjaga semua bantuan tersebut, supaya bisa bertahan lama dan benar-benar dimanfaatkan bersama demi menunjang ketahanan pangan dan perekonomian,” imbau Bupati Sukiman.

Anggota DPRD Rohul Fraksi PDIP Sik Fikal Lumban Gaol berterima kasih, kepada Pj Kepala Desa Persiapan Mahato Cindur Jaya Syarifman Zani dan Sembiring selaku pembina Koptan.

“Terima kasih juga kami sampaikan ke Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Effendi Sianipar, yang begitu antusias berikan bantuan ke masyarakat Desa Mahato,” Kata Sik Fikal.

Diakui Sik Fikal, bantuan dari dana Effendi Sianipar, upaya mendukung ketahanan pangan masyarakat seperti yang diprogramkan Pemerintah Pusat.

Juga bantuan alat-alat pertanian, Sik Fikal menyatakan bahwa masyarakat Desa Mahato juga tengah menunggu dan aspirasi dari Effendi Sianipar dalam bentuk ternak sapi dan kambing.

“Kami juga tengah menunggu aspirasi dari Ir Effendi dalam bentuk 40 ekor sapi dan juga kambing,” jelasnya.”***(Hsb).

 

  • Bagikan