Jangkau Penerima Vaksin Hingga ke Pemukiman, Pemko Luncurkan Lima Bus Vaksinasi Keliling

  • Bagikan

 

RIAUDETIL.COM,PEKANBARU– Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru meluncurkan lima unit bus vaksinasi keliling di halaman Mal Pelayanan Publik Jalan Jenderal Sudirman, Kamis, (27/5).

Lima unit bus itu nanti akan menjangkau calon penerima vaksin Covid-19 hingga ke pemukiman warga.

Acara peluncuran dipimpin langsung Wali Kota Pekanbaru, Firdaus,MT, didampingi Wakil Wali Kota, Ayat Cahyadi, dan sejumlah pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Pekanbaru, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Firdaus, mengatakan, peluncuran bus vaksin keliling itu sebagai upaya pemerintah kota dalam percepatan vaksinasi covid-19. Kemudian, juga sebagai ikhtiar dari pemerintah kota dalam memerangi dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang hingga kini masih mewabah.

Selain melaksanakan vaksinasi massal di sejumlah tempat, bus vaksin yang baru saja diluncurkan itu juga diharapkan dapat memudahkan warga untuk mendapatkan vaksin.

 

“Bus ini nanti dapat menjangkau hingga ke tingkat lurah dan RT/RW. Menyentuh langsung ke pemukiman masyarakat,” kata walikota dalam sambutannya.

Kehadiran bus vaksin keliling akan membantu kelompok masyarakat Lanjut usia (lansia) dalam memperoleh vaksin yang jelas sulit jika mereka harus berpergian jauh.

Dengan adanya bus vaksinasi keliling, nanti warga Lansia cukup menanti di rumah saja untuk penyuntikan vaksin. Tim Satgas bersama vaksinator yang akan mendatangi mereka ke rumah.

Karena memang sesuai prioritasnya, bus vaksin keliling diperuntukkan bagi kelompok Lansia. Kemudian ada kelompok guru, rohaniwan, dan pekerja ekonomi. Masyarakat cukup menunjukkan identitas diri berupa KTP agar dapat memperoleh vaksin.

“Vaksin ini untuk membangun imun, kekebalan secara massal. Maka vaksinasi ini wajib,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, target pemerintah Kota Pekanbaru hingga akhir tahun dapat melakukan vaksinasi bagi 730.000 penduduk Pekanbaru, atau sekitar 70 persen dari total penduduk Pekanbaru.

Sementara jumlah warga yang sudah divaksin baru berkisar 100.000 penduduk Pekanbaru. Artinya masih ada sekitar 630.000 warga lagi yang harus divaksin.

Ia juga memasang target kepada Satgas, setidaknya melakukan vaksinasi terhadap 100.000 warga setiap bulannya.

“Ini untuk mengejar target kita sampai akhir tahun ini. Kita juga sudah meminta kepada menteri kesehatan dan juga bapak Presiden untuk vaksin tambahan,” ulasnya.

Pemerintah Kota meminta vaksin tambahan 100.000 dosis setiap bulannya, dan diharapkan permintaan ini diakomodir sepenuhnya oleh pemerintah pusat.

Satgas sendiri saat ini, selain melakukan vaksinasi massal di sejumlah tempat, vaksin reguler juga terus berjalan.

Vaksin reguler ini dikatakan Firdaus berlangsung di 21 Puskesmas dan rumah sakit pemerintah, swasta dan klinik yang sudah bekerjasama.

Wali kota juga mengimbau agar pasien positif tanpa gejala atau OTG harus menjalani isolasi dengan baik. Mereka diimbau melakukan isolasi mandiri secara maksimal. Satgas Covid-19 kelurahan diminta untuk tetap melakukan pengawasan bagi OTG.

Dalam peluncuran Bus vaksin keliling itu, Walikota juga melihat langsung proses penyuntikan vaksin di dalam bus berikut mengecek kelengkapan sarana dan prasarana vaksinasi. Selanjutnya secara seremonial bus dilepas ditandai dengan pengangkatan bendera pelepasan.(Advertorial Pemko Pekanbaru)

  • Bagikan