” Klik Pelalawan ” Layanan Dalam Genggaman,Jawaban Pemkab Hadapi Tantangan di Era Digitalisasi

  • Bagikan

 

RIAUDETIL.COM,PELALAWAN  – Bupati Pelalawan H Zukri beserta Wakil Bupati H.Nasarudin,SH.MH dan istri resmi meluncurkan aplikasi Klik Pelalawan sekaligus simulasi mobil pelayanan publik  di hadapan ribuan warga masyarakat Kabupaten Pelalawa pada Helat Pelalawan 2022 di Lapangan PDAM Pangakalan Kerinci, Ahad (9/10/2022) malam.

Klik Pelalawan merupakan salah satu wujud visi dan misi Bupati Zukri dan Wakil Bupati Nasarudin dalam tatakelola pemerintahan berbasis digital.Inovasi tersebut adalah dengan membangun sistem, tatakelola infrastruktur dan pengelolaan database melalui satu data untuk mempermudah pelayanan berbasis teknologi informasi.


Launching aplikasi Klik Pelalawan diawali penekanan tombol melalui ipad oleh Bupati dan Wakil Bupati beserta istri dan tampak aplikasi Klik Pelalawan dilayar besar panggung di Helat Pelalawan.Diiringi dengan efek musik dan tarian seorangn penari di panggung dengan menayangkan seluruhbisi apkikasi Klik Pelalawan. Selanjutnya Bupati dan Wakil Bupati beserta istri naik keatas panggung.

Dalam sambutannya, Bupati Zukri menyampaikan bahwa Klik Pelalawan sesuai janji kami dulu yang sekarang sudah bisa didownload atai diinsyal melalui playstore di hp android.
Untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat dalam satu genggaman, Klik Pelalawan dapat didownload masyarakat melalui playstore. Klik Pelalawan memberikan fitur layanan menarik, mempermudah masyarakat mengakses layanan dan informasi.

“Jadi, bapak ibu yang mau buat KTP tinggal klik disini. Karena nanti akan ada mobil keliling, di pasar maupun di desa, nanti tinggal masuk mobil sudah selesai semuanya. Tinggal daftar lewat sini,” paparnya.

Klik Pelalawan ini, jelas Bupati Zukri, seluruh pelayanan dan informasi ada dalam satu genggaman. “Jadi mau ngurus KTP, KK bahkan mau berobat ke rumah sakit daftarnya lewat Klik Pelalawan,” ungkap dia.

Klik Pelalawan menyediakan fitur aplikasi yang mempermudah layanan dan informasi berbasis android bisa di download melalui playstore yakni klik lapor, klik KTP, klik media center, klik pendidikan, klik publik, klik wisata, klik perizinan, klik berobat, klik BUMD, klik loker, klik UMKM, klik sembako, klik CSR, klik info pajak dan klik nomor penting.

“Kita akan launching, yang tidak punya BPJS cukup tunjukkan KTP di rumah sakit, itu sudah resmi punya BPJS dan iurannya ditanggung pemerintah,” tutur Bupati Zukri.

Pada kesempatan itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan melakukan penandatanganan kesepakatan dengan Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Pelalawan.

“Malam ini juga, kita teken dengan Kemenag. Yang ingin nikah tak perlu repot lagi urus KTP atau KK, hari itu nikah dapat KTP dan KK. Jadi dapat buku nikah, KTP dan KK langsung,” pungkasnya.

Selanjutnya, Bupati Zukri dan Wahup Nasarusin beserta istri berkesempatan melakukan pemotongannpota di mobil pelayanan publik yang nantinya berkeliling di Kabupaten Pelalawan funa melayani pengurusan adminduk masyarakat.

Salam kesempatan tersebut,  Robi dan Khadijah warga kota pangkalan kerinci yang hendak mengurus KTP,dengan melalui Klik Pelalawan bisa langsung mendapatkan KTP setelah tersonding langsung dengan Mobil pelayanan Disdukcapil,hanya hitungan menit langsung selesai di cetak
Sebagai orang nomor satu di Kabupaten Pelalawan, H.Zukri berharap tidak ada lagi masyarakat yang tidak memiliki kelengkapan dokumen baik itu, KTP, KK,Izin usaha dan lainnya. “Klik Pelalawan juga bisa untuk pengaduan,” tuturnya

“Terima kasih Pemkab Pelalawan terkhusus Bupati H.zukri sudah memberikan kemudahan bagi masyarakat Kabupaten Pelalawan.” Ekonomi Bangkit Pelalawan Maju ” tutup Robi dan Khadijah sembari menyalam H.Zukri bupati pelalawan Bupati juga menjelaskan,aplikasi Klik Pelalawan ini adalah bekal untuk menuju kabupaten pintar. Di aplikasi klik Pelalawan, masyarakat sudah bisa melaporkan berbagai persoalan apa saja di Kabupaten Pelalawan.

Misalnya, cakap Bupati Zukri, untuk mengetahui kerja dari Dinas PUPR, masyarakat cukup memfoto, masalah jalannya, rusak, lantas klik lapor. Ataupun misalnya, lapor mengurus KTP, mengurus KK tak selesai-selesai, ataupun Kades tak pernah masuk kantor. Laporkan di klik Pelalawan lantaran kita inginkan pelayanan.
“Yang pasti menyangkut pelayanan pemerintah laporkan di aplikasi klik Pelalawan,” tegas Bupati.
Bupati Zukri meminta kepada Kepala Puskesmas memastikan bahwa bidan-bidan desa bekerja.
“Lansia-lansia, itu tolong dipastikan, bahwa sekali dalam satu bulan yang namanya janda-janda tua wajib dikunjungi oleh bidan desa,” sebutnya.
Kata Bupati Zukri, ini adalah juga program yang dicanangkan oleh Pemda Pelalawan. Untuk itu ia berharap kepada para kepala desa atau pendamping siaga desa untuk senantiasa selalu melakukan pemantauan.
“Artinya, orang-orang tua, lansia-lansia bidannya, betul-betul dikunjungi orang tua ini, minimal cek tensi. Dimana orang-orang tua dikunjungi dan dikasih senyuman sudah senang dia ini,” harap Bupati.


Program selanjutnya, kata Bupati Zukri adalah bantuan untuk para anak-anak yatim di kabupaten dan program ini sudah berjalan.

“Dimana para anak-anak yatim ini setiap bulan mendapat bantuan dari pemerintah, termasuk janda tua, termasuk gharim masjid. Tinggal lagi orang-orang miskin,” ungkapnya.

Selain itu banyak program baru yang dicanangkan Pemda Pelalawan. Seperti dinas Perkebunan dan Peternakan jika ada orang-orang miskin yang ingin berkebun kelapa sawit akan tetapi tidak memiliki modal, maka Pemda siap membantu mulai dari membuka lahan dan bibit gratis.

“Jika dia orang miskin mulai dari alat hingga bantuan bibit digratiskan oleh pemerintah daerah. Jika yang mampu alatnya bisa dibantu tapi bibit tidak. Paling bibit beli dengan harga murah,” tegasnya.
Selain itu, papar Bupati Zukri, saat ini masyarakat Pelalawan berobat cukup menunjukkan KTP lalu BPJS-nya aktif dan dibayar oleh pemerintah daerah

Kadis kominfo Pelalawan Hendri Gunawan dalam Konferensi persnya di hadapan wartawan kepada wartawan menyebutkan bahwa Klik Pelalawan merupakan salah satunprogram unggulan Pemerintah Kabupaten Pelalawan.

Aplikasi ini dibuat untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh segala informasi, sekaligus memudahkan pengurusan administrasi kependudukan,dimana ini merupakan program unggulan Bupati Pelalawan H.Zukri yakni menuju Pelalawan maju,tutur Hendri

Kemudian Hendry gunawan menyampaikan” Bahwa di era digitalisasi ini, kegiatan di pemerintahan dilakukan dengan informasi digital.Dimana memang setiap daerah wajib mengikuti , sebab setiap saat tidak ada istilah daerah yang tidak mengenal istilah digital,” ujar Kadis Diskominfo Kabupaten Pelalawan Hendry Gunawan.

Jadi, Klik Pelalawan itu berisikan berbagai informasi dan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam pengurusan, misalnya dalam mengurus KTP, KK, berobat, dan informasi harga barang yang semuanya terangkum didalam satu genggaman Handphone Android yang namanya ” Klik Pelalawan,” jelasnya.

Dalam hal ini lanjut Gunawan, “tidak terlepas dari jaringan internet, maka dari itu kita memprogramkan dalam waktu dekat ini yaitu program jaringan internet masuk desa,dan terkait masyarakat yang berada di pelosok, Gunawan mengatakan akan membangun jaringan atau tower yang diharapkan dalam waktu dekat bisa dilaksanakan.

Dimana yang sudah kita jalankan yakni setiap OPD sekarang sudah terhubung Semua nya ke kita sebagai sentralnya jaringan, kemudian kita kembangkan lagi ke kecamatan dan desa,Dimana salah satu tujuan yaitu memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam merangkum informasi yaitu namanya Klik Pelalawan,” tutup Gunawan.

untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat dalam satu genggaman berbasis elektronik yang dapat di-download masyarakat melalui playstore yaitu aplikasi klik pelalawan.
Klik pelalawan memberikan fitur layanan menarik kepada masyarakat dalam mempermudah masyarakat mengakses layanan  dan informasi.

“Klik Pelalawan  menyediakan fitur aplikasi yang mempermudah layanan dan informasi berbasis android dapat di-download melalui playstore yakni klik Lapor, Klik KTP, Klik Media Center, Klik Pendidikan, Klik Publik, Klik Wisata, Klik Perizinan, Klik Berobat, Klik BUMD, Klik Loker, Klik UMKM, Klik Sembako, Klik CSR, Klik Info Pajak dan Klik Nomor Penting,” jelas Hendry.
Meskipun demikian  Hendry mengatakan bahwa secara infrastruktur dan layanan fitur sudah seratus persen selesai akan tetapi aplikasi belum dapat kita launching kepada masyarakat Pelalawan .
Karena masih menunggu proses pengerjaan lelang untuk armada mobil cetak KTP oleh Disdukcapil dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan karena akan adanya integrasi sistem yang saling terhubung dan bisa langsung cetak di tempat.

Klik Pelalawan ada fitur Klik KTP ini akan terhubung antara sistem dengan pelayanan administrasi kependudukan oleh Disdukcapil yang langsung cetak di tempat.

“Sehingga KTP masyarakat langsung jadi saat itu juga, untuk sementara ini proses pengerjaan pemenang lelang mobil sedang berjalan dan kita harapkan dalam bulan ini selesai sehingga bisa kita launching aplikasi Klik Pelalawan ini,“ sambung Hendry.

Sementara untuk one big data ini akan mempermudah semua layanan di atas karena tujuan pelayanan demikan adalah untuk kesejahteraan masyarakat sesuai amanah yang sering disampaikan oleh Bupati H. Zukri .

Bertujuan  menghasilkan pemerintahan yang good government dalam satu database data yang menghimpun data seluruh masyarakat kita sehingga akan mempermudah kita jemput bola pelayanan dan tahu apa kebutuhan daerah itu di dalam mengambil sebuah keputusan.

Untuk one big data kita sudah menghimpun seratus persen data kebutuhan sebagai dasar kita untuk membangun sistem ini terdiri dari beberapa OPD terkait yakni Bappeda, Diskoperindag, Disdikbud, Dinas PUPR, Dinsos, DKPTPH, Disbunnak, Dinkes, RSUD, Diskan, dan Kemenag.
“Sementara untuk penyempurnaan di aplikasi masih dalam proses membangun elemen dasar data berkisar 40 persen dan masih dalam proses penyempurnaan,” kata Hendry.


Di samping kita membangun sistem dan aplikasi berbasis teknologi, Pemkab Pelalawan juga mendapatkan 5 titik lokasi pembangunan Infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung lainnya oleh Kementerian Kominfo RI melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo.

Hal ini merupakan perwujudan dari BAKTI Kominfo untuk perluasan akses internet di daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal) bagi percepatan transformasi digital di Indonesia. Sesuai dengan arahan Presiden RI yang mengamanatkan seluruh desa/ kelurahan di Indonesia  terjangkau layanan seluler dengan teknologi 4G/LTE.
Ada 5 lokasi pembangunan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan Infrastruktur pendukung lainnya di Kecamatan Kuala Kampar yakni Desa Teluk Bakau, Desa Teluk Beringin, Desa Sungai Upih, Desa Sungai Solok, dan Desa Segamai Kecamatan Teluk Meranti akan dibangun tahun ini.

“Untuk mendukung kegiatan tersebut pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sedang berjalan, Surat Hibah Tanah dari masyarakat serta surat pernyataan dukungan pelaksanaan program penyediaan dan pembangunan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan Infrastruktur pendukung lainnya oleh Bupati H. Zukri sudah kita selesaikan dan tidak ada kendala dalam hal ini,“ tutup Hendry.***(Advertorial Pemkab Pelalawan)

  • Bagikan