Pemkab Pelalawan Kembangkan Pariwisata Daerah Berbasis Partisipasi Masyarakat dan Budaya Melayu

  • Bagikan

 

 

RIAUDETIL.COM,PELALAWAN – Mengembangkan pariwisata daerah berbasis partisipasi masyarakat dan budaya Melayu sebagai perekat negeri ( Maju Wisata dan Budaya ) meripakan salah satu program prioritas Bupati H.Zukri dan Wakil Bupati H.Nasarudin,SH.MH.

 

Berbicara tentang kabupaten Pelalawan maka tak lepas dari potensi wisata yang terkandung didalamnya dan membuat kabupaten ini menjadi salah satu daerah yang diperbincangkan dalam kekayaan wisata.

 

Berikut beberapa destinasi wisata di Kabupaten Pelalawan yang cukup potensial dan dapat menjadi alternatif yang cukup menarik untuk dikunjungi.

 


A. Destinasi Wisata Sejarah

Untuk Wisata Sejarah terdapat beberapa spot di Desa Pelalawan, Kecamatan Pelalawan. Destinasi ini bukan hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal, juga wisatawan mancanegara.

Di wilayah ini terdapat satu situs sejarah yang berkaitan erat dengan negeri seberang Malaysia, karena di sini terdapat Makam Sultan Mahmud Syah dari Kesultanan Melaka. Sultan Mahmud Syah adalah raja kedelapan dan terakhir dari Kesultanan Malaka. Dia dipilih sebagai raja menggantikan ayahnya, Sultan Alauddin Riayat Syah I, melangkahi saudaranya yang lebih tua, Munawar Syah. Maka tak jarang Makam tersebut dikunjungi oleh pengunjung dari negeri jiran untuk berziarah di sana.


Selain itu Desa Pelalawan ini merupakan sentral Kerajaan Pelalawan di masa lalu. Di daerah ini terdapat berbagai objek wisata Seperti; Istana Sayap (merupakan Istana Kesultanan Pelalawan), Mesjid Hibah yang merupakan mesjid yang cukup bersejarah di Pelalawan, berziarah ke kompleks makam raja-raja Pelalawan, Pesanggrahan Panglima Kudin, dan lain-lain

 

B. Destinasi Wisata Alam

Kabupaten Pelalawan diberkahi Allah SWT beberapa destinasi Wisata Alam yang unik dan luar biasa. Hal ini memacu Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan untuk mengembangkannya menjadi objek wisata yang dapat menjadi unggulan di negeri ini. Berbagai infrastruktur pun digesa untuk mendukung pengembangan objek wisata tersebut. Tidak terlalu berlebihan bahwa beberapa objek wisata Kabupaten Pelalawan mengalihkan pandangan mata wisatawan lokal maupun asing ke negeri ini. Berikut beberapa objek wisata yang dapat anda temukan di Kabupaten Pelalawan.

 

1. Taman Nasional Tesso Nillo

Taman Nasional Tesso Nilo diresmikan pada tanggal 19 juli 2004 dengan luas sekitar 38.576 hektar. Kawasan Tesso Nilo merupakan salah satu hutan daratan rendah terluas di Sumatera, serta merupakan habitat bagi tiga persen dari seluruh spesies mamalia didunia. Pada setiap hektar dari areal Taman Nasional Tesso Nilo terdapat 360 flora yang tergolong dalam 165 marga dan 57 suku, 107 jenis burung, 23 jenis mamalia, tiga jenis primata, 50 jenis ikan, 15 jenis reptilia dan 18 jenis amfibia.


2. Gelombang Bono Sungai Kampar

Gelombang Bono merupakan fenomena alam kelas dunia yang cukup dahsyat yang hampir tidak dapat ditemukan di daerah lain. Ombak Bono Sungai Kampar merupakan suatu fenomena alam akibat adanya pertemuan arus sungai menuju laut dan arus laut yang masuk ke sungai akibat pasang. Fenomena ini dapat ditemukan tepatnya di Desa Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan

 

3. Wisata Danau Kajuwid

Danau Kajuwid terletak di kecamatan Langgam tidak jauh dari Masjid Raya. Danau Kajuit dikelilingi hutan alam dengan pohon-pohon yang berusia puluhan tahun yang berukuran cukup besar dan sangat rindang.. Danau ini masih baru dibuka untuk umum dan menjadi salah satu wisata unggulan di Kabupaten Pelalawan. Di Danau ini sudah tersedia wahana air seperti perahu, bebek-bebekan, dan perahu karet. Rumah makan melayu pun telah mengambil tempat di tepian danau ini untuk menyemarakkan serta memperkenalkan makanan cita rasa khas tempatan.

4. Wisata Danau Tanjung Putus

Suasana yang tenang, serta alam yang asri membuat area ini menjadi pilihan yang cukup banyak diminati oleh para pengunjung.danau tanjung putus bertempat di dekat desa kuala terusan yang tidak jauh dari pusat kota Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. Aktifitas memancing merupakan salah satu daya tarik utama di danau ini.

5. Danau Wisata Betung

Danau Wisata Betung terletak di desa Betung kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan. Danau ini berada di pusat budaya melayu petalangan.

6. Taman Publik Kreatif

Taman Publik Kreatif berada di depan kantor bupati Kabupaten Pelalawan. Taman ini diperuntukkan sebagai Ruang Terbuka Hiijau. Di Taman ini terdapat bangunan Gazebo dan taman bunga.

7. Suaka Marga Satwa Sungai Kerumutan

Tanpa banyak yang tahu bahwa dia telah diexplore dan diexpose oleh salah satu televisi swasta nasional. Tanpa banyak yang tahu bahwa dia memiliki kearifan lokal yang sampai sekarang tetap terjaga.

dan beberapa daya tarik wisata yang ada di Kabupaten Pelalawan seperti Hutan Rawa Sungai Mokoh, Desa Pekan Tua, Tugu Equator, Pengobatan Tradisional Beliam dan Menumbai,” serta lain sebagainya.

 

Namun tentunya, harapan Bupati dan Wakil Bupayi Pelalawan yakni adanya peran partisipasi masyarakat dalam mengembangkan potensi pariwisata dan tentunya tetap menjadi pencerminan dari Budaya Melayu.

 

Pada visi dan misi bupati dan wakil bupati periode 2021-2026, yakni mewujudkan Kabupaten Pelalawan sebagai pusat industri dan pariwisata yang makmur ekonominya, adil dalam berkehidupan dan pembangunan, jaya kinerja daerah dan unggul sumber daya manusianya di tahun 2026 dengan lima misi yang sudah ditetapkan, Pada misi yang keempat, yakni maju wisata dan budaya, memiliki konsep, yakni mengembangkan wisata daerah berbasis partisipasi masyarakat dan memajukan budaya melayu sebagai perekat negeri, kabupaten pelalawan memiliki wisata yang sudah sangat terkenal yaitu, ombak Bono yang berada di kecamatan teluk meranti, ini menjadi salah satu kebangggan kita sebagai masyarakat pelalawan.


Dengan adanya wisata dan budaya yang unggul dan maju, dapat menunjang segala infrastruktur yang ada di kabupaten pelalawan dan juga dapat memperlancar pembangunan yang ada di kabupaten pelalawan, apalagi ombak Bono ini masuk ke dalam satu program nasional yaitu pesona Indonesia, kita harus menjaga dan melestarikan wisata yang ada di kabupaten pelalawan, Hal ini tercermin pada visi dan misi bupati dan wakil bupati periode 2021-2026, yakni mewujudkan Kabupaten Pelalawan sebagai pusat industri dan pariwisata yang makmur ekonominya, adil dalam berkehidupan dan pembangunan, jaya kinerja daerah dan unggul sumber daya manusianya di tahun 2026 dengan lima misi yang sudah ditetapkan.

Pada misi yang keempat, yakni maju wisata dan budaya, memiliki konsep, yakni mengembangkan wisata daerah berbasis partisipasi masyarakat dan memajukan budaya melayu sebagai perekat negeri, kabupaten pelalawan memiliki wisata yang sudah sangat terkenal yaitu, ombak Bono yang berada di kecamatan teluk meranti, ini menjadi salah satu kebangggan kita sebagai masyarakat pelalawan.

Dengan adanya wisata dan budaya yang unggul dan maju, dapat menunjang segala infrastruktur yang ada di kabupaten pelalawan dan juga dapat memperlancar pembangunan yang ada di kabupaten pelalawan, apalagi ombak Bono ini masuk ke dalam satu program nasional yaitu pesona Indonesia, kita harus menjaga dan melestarikan wisata yang ada di kabupaten Pelalawan.***(Advertorial Pemkab Pelalawan)

  • Bagikan