Satukan Tekad dan Semangat Bersatu Wujudkan Rokan Hulu Maju di Momentum Hari Jadi ke 22 Kabupaten Rohul

  • Bagikan
FB_IMG_1635264801299
FB_IMG_1635264798362
FB_IMG_1635264804388
FB_IMG_1635264862105

RIAUDETIL.COM, ROKAN HULU – Pemerintah dan masyarakat di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang dikenal dengan julukan daerah Negeri Seribu Suluk memperingati Hari Ulang Tahun (Hut) ke 22 yang diselenggarakan pada Selasa (12/10),

Peringatan Hut Kabupaten Rohul di tahun kedua pandemi Covid- 19 tahun ini, mengambil Tema ‘’Melalui Momentum Hari Jadi Rokan Hulu Yang ke 22 (12 Oktober 2021) Kita Tanggulangi Pandemi Covid- 19, Pulihkan Ekonomi, Menuju Rokan Hulu Maju’’

Khusus di Ulang Tahun ke 22 ini, ada dua peristiwa penting yang menjadi catatan khusus, pertama Ulang Tahun Rokan Hulu sebagai suatu daerah yang kini telah berusia 22 tahun. Kedua, pemimpin daerah Rohul dalam hal ini Bupati Rohul H Sukiman dan Wabup Rohul H Indra Gunawan yang akan melaksanakan pembangunan dalam 5 tahun kedepan.

Tepat 100 hari kepemimpinannya pada tanggal 8 Oktober 2021 lalu. Dua peristiwa itu mempunyai keterkaitan yg erat di satu sisi, momentum hari jadi Kabupaten yang biasa digunakan sebagai evaluasi, introspeksi diri terhadap pembangunan yang telah dilaksanakan, maupun yang akan dilaksanakan

Disisi lain, pengendali pembangunan itu sendiri di momen ulang tahun Rohul ke 22 ini, menjadi langkah awal dalam melaksanakan pembangunan dan mewujudkan visi dan misi yang telah ditetapkan.

Apabila dikaitkan filosofis angka 22, bahwa ada yang berpendapat, mewujudkan mimpi menjadi kenyataan. Maka hari jadi ke 22 Kabupaten Rohul ini yang bersamaan dengan langkah awal kepemimpinan H Sukiman dan H Indra Gunawan sebagai Bupati dan Wabup Rohul terpilih dari hasil Pilkada Rohul tahun 2021.

Mudah-mudahan sebagai pertanda, berbagai bidang dan sektor pembangunan yang semula direncanakan belum maksimal dapat terealisasi, selama 5 tahun kedepan berbagai hal yang direncanakan dapat terwujud.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Rohul mengimbau seluruh elemen dan komponen masyarakat untuk menyatukan tekad dan langkah untuk bersama-sama serta semangat bersatu dalam mewujudkan Visi dan Misi Kabupaten Rohul.

Sebagaimana Visi: Terwujudnya Kabupaten Rokan Hulu Yang Lebih Maju dan Berdaya Saing Dalam Keragaman Adat dan Budaya Berdasarkan Nilai Agama Menuju Masyarakat Sejahtera”.

Dengan misi akan diwujudkan yakni, Satu, mewujudkan kualitas sumber daya manusia cerdas dan sehat dilandasi keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dua mewujudkan pembangunan dan pengembangan ekonomi produktif, kreatif dan berdaya saing berbasis kerakyatan dan mendorong berkembangnya investasi serta pariwisata daerah

Tiga, mewujudkan ketersediaan infrastruktur yang berimbang dengan membangun desa menata kota secara berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. Empat, mewujudkan kehidupan masyarakat yang harmonis, aman dan tentram berlandaskan adat dan budaya serta agama yang berbeda

Lima, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan efektif melalui pelayanan publik yang terpercaya, akuntabel dan transparan.

Bupati Rokan Hulu H Sukiman menjelaskan secara gamblang visi yang akan dicapai, diantara Lebih Maju, dapat diartikan sebagai Kabupaten Rohul melaksanakan pembangunan dengan keinginan bersama untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik, ditandai dengan meningkatnya ekonomi dan daya beli masyarakat, meningkatnya pembangunan infrastruktur dasar.

Pemerataan pembangunan dan terbukanya lapangan kerja, memiliki SDM yang unggul, Meningkatnya mutu pelayanan kesehatan, mempunyai aparatur pemerintahan yang handal, berkualitas dan menguasai teknologi, mempunyai watak dan kepribadian berdasarkan kepada norma budaya yang luhur dan nilai nilai keagamaan yang bermuara pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

Berdaya Saing, diartikan sebagai keadaan Kabupaten Rohul yang mampu dan sanggup mengoptimalkan potensi yang dimiliki, baik ekonomi, SDA, SDM serta mampu bekerjasama dengan pihak lain dengan saling menguntungkan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan berwawasan Lingkungan.

Keragaman Adat dan Budaya, diartikan sebagai Kabupaten Rohul yang mempunyai adat dan budaya yang berbeda-beda yang apabila potensi ini dikembangkan dengan baik dan optimal, maka akan menjadi modal dalam pelaksanaan pembangunan yang ditandai dengan kehidupan masyarakat harmonis, yang memiliki watak dan kepribadian sesuai dengan nilai-nilai budi pekerti dan budaya luhur, hidup secara rukun dan damai, berdasarkan kepada etik, moral dan agama serta hukum Negara.

Nilai-Nilai Agama, diartikan bahwa pembangunan yang dilaksanakan tidak semata-mata bersifat fisik namun juga pembangunan yang bersifat non fisik, meliputi mental, perilaku, karakter sesuai dengan nilai-nilai agama dan kepercayaannya.

Dengan harapan dapat terwujud kerukunan kehidupan beragama yang baik serta meningkatnya peran lembaga keagamaan dalam pembangunan daerah.

Masyarakat Sejahtera, diartikan sebagai masyarakat Kabupaten Rohul yang terpenuhi kebutuhan dasarnya dengan layak dan baik, dalam suasana hidup yang aman, tentram dan damai.

Bupati Rohul dua periode itu juga menjelaskan Misi untuk mewujudkan kualitas sumber daya manusia cerdas dan sehat dilandasi keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dalam rangka meningkatkan kualitas SDM yang cerdas dan sehat, maka bidang pendidikan dan kesehatan harus menjadi prioritas yang utama yang dikembangkan dan dibangun. Disamping pembangunan bidang Kesehatan dan Pendidikan terjamin merata di seluruh Kabupaten Rohul dengan tetap memperhatikan kebutuhan tempatan yang disesuaikan dengan standar pelayanan minimal pada kedua bidang tersebut dan keadaan demografi daerah.

‘’Kita komitmen dalam hal pembangunan bidang pendidikan dan kesehatan akan difokuskan untuk mewujudkan pendidikan dan pelayanan kesehatan bermutu,’’ tuturnya.

Sementara itu, misi keduanya, mewujudkan pembangunan dan pengembangan ekonomi produktif, kreatif dan berdaya saing berbasis kerakyatan dan mendorong berkembangnya investasi serta pariwisata daerah.

Dalam rangka pembangunan dan pengembangan ekonomi daerah diarahkan berbasis sumber daya lokal dengan berorientasi pada sektor pertanian dan perkebunan serta hasil atau produk turunannya mendukung pengembangan agribisnis, agro industri dan pariwisata daerah.

‘’Dampak Covid- 19 yang melanda dunia termasuk Indonesia saat ini khususnya Rokan Hulu sangat mempengaruhi kondisi perekonomian. Tentu perlu upaya- upaya yang signifikan dalam mempertahankan perekonomian daerah secara khusus apalagi mempertahankan peningkatannya,’’ katanya.

Kemudian Misinya untuk Mewujudkan ketersediaan infrastruktur yang berimbang dengan membangun desa menata kota secara berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. Bahwasanya, pemerintah daerah dlm hal pembangunan perbaikan infrastruktur pada prinsipnya masih dibutuhkan baik di pedesaan dan perkotaan, akan tetapi diprioritaskan untuk wilayah pedesaan, tanpa mengabaikan perkotaan.

Hal itu dimaksudkan disamping menambah nilai jual aset di pedesaan jyga untuk memberikan kemudahan dn akses transportasi ekonomi dan peningkatan daya beli bagi masyarakat sekaligus pemerataan dalam pelaksanaan pembangunan.

‘’Ketersediaan infrastruktur yang berimbang dan merata di Kabupaten Rohul yang telah dilaksanakan saat ini masih perlu dilanjutkan dengan semboyan Membangun Desa Menata Kota yang berwawasan lingkungan, keterlibatan seluruh komponen dalam pembangunan, baik pemerintah Pusat, Provinsi Riau dan daerah pihak swasta dan partisipasi masyarakat secara luas,’’ katanya

Mengingat kondisi perekonomian bukan saja daerah, tapi juga nasional akibat pandemic Covid- 19 saat ini masih berlangsung, sehingga memberikan pengaruh terhadap pelaksanaan pembangunan.

Langkah-langkah yang akan dilakukan Pemkab Rohul, lanjut Sukiman, tidak lain melanjutkan percepatan pembangunan dan peningkatan jalan-jalan strategis dan jembatan penghubung mendukung lintas ekonomi dan perdagangan hasil produksi masyarakat serta destinasi wisata.

Selain melanjutkan pembangunan dan perbaikan SDA irigasi untuk mendukung kebutuhan pertanian. Penataan wilayah pemukiman dan perumahan sesuai RTRW Kabupaten Rohul secara berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

Kemudian meningkatkan pengelolaan SDA yang baik dan komprehensif dan melanjutkan pemenuhan kebutuhan dasar air bersih secara bertahap dan berkelanjutan bagi masyarakat sebagai pencegah banjir di musim hujan dan kekeringan di musim kemarau.

Melanjutkan pemenuhan pengembangan pengelolaan sanitasi daerah secara bertahap dan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan.

Sementara itu, Misi keempat, mewujudkan kehidupan masyarakat yang harmonis, aman dan tentram berlandaskan adat dan budaya serta agama yang berbeda. Sukiman menjelaskan, dalam pelaksanaan pembangunan, di samping melakukan pembangunan fisik dan non fisik dalam kehidupan masyarakat.

Seperti Keharmonisan, keamanan dan ketentraman dengan jalan memfasilitasi masyarakat untuk dapat melaksanakan ajaran agamanya masing-masing, mengembangkan adat budaya, sesuai dengan etniknya. Sehingga diharapkan akan terwujud kerukunan hidup, terciptanya lingkungan aman dan tentram dalam kehidupan masyarakat yang harmonis di tengah adat, budaya dan agama yang berbeda.

Misi kelima, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan efektif melalui pelayanan publik yang terpercaya, akuntabel dan transparan. Bahwasanya peningkatan pelayanan publik Kabupaten Rohul ke depan dilakukan dengan peningkatan kualitas aparatur pemerintah yang mempunyai komitmen tinggi untuk memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat, mempunyai disiplin kerja, loyalitas dan bertanggung jawab serta dapat dipercaya dengan tugas yang diembannya.

Selain itu aparatur pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dituntut transparan sesuai dengan perkembangan teknologi dewasa ini. Untuk itu, lanjutnya, sarana prasarana teknologi informasi yang mendukung pelayanan publik perlu ditingkatkan.

Sehingga mampu dans esuai dengan kebutuhanyang ada dan diharapkan akan menghasilkan inovasi dan kreatifitas dalam melaksanakan pekerjaan, guna mewujudkan Tata Kelola Pemerintah Kabupaten Rohul yang baik dan bersih serta pelayanan publik yang berkualitas.

Dengan visi dan misi tersebut yang dibingkai dengan Motto Membangun Desa Menata Kota, untuk Rokan Hulu Maju, Sukiman berharap untuk mewujudkannya diperlukan sinergi semua piha, baik pemerintah daerah, masyarakat termasuk pihak swasta untuk menyatukan tekad dan langkah serta semangat kebersamaan untuk bersatu mewujudkan Rokan Hulu Maju

‘’Saya atas nama Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Rohul mengucapkan Hari Jadi ke 22 Kabupaten Rohul, semoga niat dan apa yang kita cita-citakan diberikan pertolongan dan ridho dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa menjadi terwujud,’’ ujar Mantan Dandim Indragiri Hilir itu.”***(Advertorial Humas Kominfo Rohul).

  • Bagikan