Nelayan Desa Api-api Bengkalis Bersyukur Atas Hasil Laut yang Melimpah

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, BUKIT BATU – Para nelayan yang berada di Desa Api-Api merasa bersyukur karena dalam akhir-akhir ini hasil tangkapan mereka sangat memuaskan. Seperti yang dihasilkan oleh salah seorang nelayan (Abu Bakar) dengan hasil tangkapan pada hari Minggu kemarin, lebih kurang 80 kilogram.

Jenis ikan yang didapatkan diantaranya, ikan biang, ikan tenggiri, ikan senangin, ikan parang dan banyak jenis ikan yang lainnya.

Abu Bakar adalah salah seorang anggota kelompok nelayan Camar Laut. diketuai oleh Abdul Razak dengan jumlah anggota 20 orang. Alat yang digunakan untuk menangkap yang dipakai adalah jaring insang (gillnet) dengan menggunakan perahu motor.

Hasil tangkapan para nelayan selain dijual kepada warga desa Api-Api juga dijual kepada desa tetangga bahkan sampai ke ibu kota Kecamatan Bukit Batu, Sungai Pakning.

Ketua kelompok Nelayan Camar Laut Abdul Razak saat diwawancara Senin (05/12/2016) mengatakan, kami para nelayan sangat bersyukur karena hasil tangkapan akhir-akhir ini sangat memuaskan sehingga dapat menambah pendapatan bagi para nelayan.

Keberhasilan para nelayan ini tentu tidak terlepas dari kerjasama para nelayan dan juga bantuan dari Pemerintahan Desa Api-Api, Pemerintah Kabupaten Bengkalis dan juga Pemerintah Provinsi Riau, sehingga sarana dan prasarana kebutuhan para nelayan terpenuhi. Katanya

Seperti pada tahun 2016 ini Pemerintahan Desa Api-Api dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Perubahan (APBDes Perubahan) telah menganggarkan dana sebesar Rp. 14.000.000,- (empat belas juta rupiah) yang bersumber dari Dana Instruksi Bupati Program Penguatan Infrastruktur Pedesaan (INBUP-PPIP) untuk pengerjaan pelebaran Tali Air/Sungai.

Dimana sebelumnya sungai yang kami pakai selama ini sangat sempit sehingga sulit untuk keluar masuk perahu motor, namun setelah pelebaran sungai ini dikerjakan kami para nelayan sangat leluasa untuk keluar dan masuk sungai. Tutup Abdul Razak. (KRN)

  • Bagikan