Gubri Harapkan Pelabuhan Rute RoRo Dumai-Malaka Segera Beroperasi di Triwulan ke III

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM,PEKANBARU – Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengharapkan pada triwulan ke III tahun 2020, pelabuhan dengan rute roll on roll off (RoRo) dari Dumai menuju Malaka telah selesai dan bisa beroperasi.

Syamsuar mengungkapkan, saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tinggal menunggu tahap penyelesaian pembangunan pelabuhan di Malaka, karena Riau telah mempersiapkan adanya pelabuhan di Kota Dumai.

“Diperkirakan pada triwulan ke III tahun ini, pelabuhan RoRo di Malaka telah selesai, sedangkan pelabuhan RoRo di Dumai itu telah ada dan dibangun oleh Pemprov Riau,” katanya, Senin, (24/02).

Syamsuar berharap, dengan adanya pelabuhan RoRo ini semakin membuka kesempatan Indonesia, khususnya provinsi di Pulau Sumatera bisa mengekspor perdagangannya.

“Mudah-mudahan dengan adanya RoRo ini semakin membuka kesempatan, nanti perdagangan dari Sumatera Barat yang masuk ke Riau dan sekaligus bisa di ekspor ke Malaysia dan seterusnya,” ungkapnya.

Syamsuar mengatakan, di Pulau Sumatera, Provinsi Riau telah ditetapkan oleh pemerintah pusat menjadi jalur perdagangan internasional melalui kerjasama Pemerintah Indonesia-Malaysia-Thailand.

“Ini merupakan kebijakan Presiden, melihat Provinsi Riau berada di wilayah yang strategis seperti lalu lintas perdagangan internasional, dan ini berdampak kepada lajunya arus investasi dari darat dan luar negeri,” tutupnya. (mcr)

  • Bagikan