Tingkatkan Pengetahuan Masyarakat Terhadap Pangan, Wabup Inhil Umumkan Pemenang Lomba Cipta Menu B2SA

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, TEMBILAHAN – Wakil Bupati Kabupaten Inhil (Inhil), H Syamsuddin Uti membuka sekaligus mengumumkan pemenang lomba cipta menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) berbasis sumber daya alam lokal Kabupaten Inhil tahun anggaran 2021, Senin (26/7/2021), di gedung Engku Kelana, Tembilahan.

Kegiatan tersebut turut juga dihadiri, Dinas Pertanian Provinsi Riau, Pengurus TP PKK Provinsi Riau, Asisten II Setda Inhil, Kadis Pertanian Inhil, Ketua DWP Inhil, Camat Se-Kabupaten Inhil serta beberapa Pejabat dan Pengurus TP PKK Kabupaten Inhil.

Adapun tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi pangan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) serta mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat dalam mengembangkan atau menciptakan menu B2SA berbasis sumber daya lokal.

Wakil Bupati Inhil, Syamsudin Uti merasa senang dan bersyukur dengan sumber daya alam yang dimiliki dan beragamnya pangan lokal di Kabupaten Inhil yang diolah oleh ibu-ibu menjadi hidangan yang menarik, sehat dan juga nikmat.

” Apa yang telah kita raih pada hari ini, tentunya harus kita syukuri dan harus diaplikasikan menu hasil kreasi atau olahan asal Kabupaten Inhil yang telah menjadi menu terbaik di tengah keluarga,” ujar pria yang akrab disapa SU ini.

Syamsudin juga menjelaskan untuk penilaian festival pangan lokal B2SA tahun ini tidak akan berbeda dengan kriteria penilaian pada tahun-tahun sebelumnya. Dari segi tampilan, Wabup menilai, menu yang dikreasikan oleh peserta lomba sudah cukup baik.

” Saya harap mudah-mudahan dari hasil festival lomba yang dilaksanakan di tingkat Kabupaten ini bisa mendapatkan hasil yang terbaik kemudian nanti akan mewakili lomba di tingkat Provinsi,” ungkapnya.

Disamping itu, Wabup juga memiliki harapan yang lebih kepada TP PKK Kabupaten Inhil, yakni bisa ikut ambil bagian dalam festival Pangan lokal B2SA di tingkat Nasional dan kembali menjadi yang terbaik.

Kegiatan festival Pangan Lokal B2SA Berbasis Sumber Daya Lokal Kabupaten Inhil tahun 2021 ini dibagi menjadi 2 Kategori, yakni Kategori Lunch Box Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman atau B2SA serta kategori Olahan Pangan Lokal.

Adapun pemenang dari masing-masing kategori diantaranya, Kategori Lunch Box Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) juara pertama diraih kecamatan Tanah Merah, juara dua Kecamatan Kuindra dan juara ketiga Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS). Dan untuk Kategori Olahan Pangan Lokal, juara pertama diraih Kecamatan Kempas, juara kedua Kecamatan Batang Tuaka, dan juara ketiga Kecamatan Tempuling.(***)

 

  • Bagikan