Aktifis PPKRI Satsus BN Apresiasi Sikap BP KUD Karya Indah

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Mantan Badan Pengawas (BP) Koperasi Unit Desa (KUD) Karya Indah Desa Sipang Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Tabri menyatakan bahwa dirinya siap mendukung siapapun yang terpilih sebagai ketua KUD Karya Indah.

Hal ini disampaikannya kepada wartawan, Ahad (25/9/2022) menjawab berbagai tanggapan terkait sikapnya terhadap KUD Karya Indah beberapa waktu yang lalu.

Dikatakannya, sebagai orangtua, dirinya berharap kepada KUD Karya Indah agar bisa mensejahterakan anggota serta meningkatkan taraf hidup masyarakat Desa Sipang.

“Saya siap mendukung siapapun yang yang terpilih sebagai ketua KUD Karya Indah dalam bentuk apapun, baik pemikiran maupun yang lain sebatas kemampuan,” kata mantan kepala desa Sipang dua priode ini.

Dalam hal pelaksanaan demokrasi, sebagai orangtua dirinya berharap marilah kita kembali berjabat tangan, berpelukan serta bersatu kembali untuk untuk kemajuan KUD Karya Indah dan masyarakat Desa Sipang.

“Lupakan konflik yang pernah terjadi, mari kita bersatu kembali untuk membangun masyarakat melalui wadah KUD Karya Indah, siapapun yang menjadi ketua,” ajaknya.

Menyikapi hal ini, Arbain dari LSM Penerus Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia Satuan Khusus Bela Negara (PPKRI Satsus BN) mengatakan bahwa dalam hal kemajuan suatu koperasi terletak pada Ketua dan Badan Pengawas (BP), jika kedua jabatan ini ditempati oleh orang-orang yang berkompeten.

“Jika koperasi maju dan anggota pasti akan merasa terbantu, sebaliknya jika anggota merasa tidak terbantu atau hak-haknya tidak dipenuhi maka ketua dan badan pengawas lah seharusnya bertanggungjawab,” ujarnya.

Secara proporsional sesuai jabatannya atas segala penyimpangan, namun secara struktural dan fungsional, ketua lah yang bertanggungjawab penuh kerena pada dasarnya badan pengawas sering terkendala dalam menjalankan fungsinya jika anggota tidak koorporatif mendukung kebijakan badan pengawas dalam menyikapi suatu permasalahan di koperasi.

Dengan kondisi demikian pun dalam menyikapi dan melakukan fungsinya pada KUD Karya Indah, badan pengawas sudah cukup baik mengambil langkah teguran tertulis kepada ketua koperasi untuk mengadakan RAT (Rapat Anggota Tahunan).

“Yang jelas secara keseluruhan Badan pengawas telah melakukan tugas dan fungsinya, hanya saja kurang dapat dukungan dari anggota,” sambungnya

Hal ini berkemungkinan dikerenakan terkendala kesibukan masing-masing anggota KUD sehingga sulit menemukan waktu untuk mengadakan pertemuan pembahasan topik permasalahan yang disampaikan BP secara tertulis kepada Ketua KUD.

“Semoga perbedaan sikap dan pendapat yang selama ini terjadi di dalam tubuh KUD Karya Indah dapat disatukan, anggaplah ini sebagai penomena di dalam sebuah organisasi,” ungkapnya.

Lebih lanjut Arbain menyatakan bahwa dirinya sangat mengagumi Pak Tabri yang telah berani menunjukan taringnya dengan menyuarakan kepentingan KUD Karya Indah,” ujarnya.

Selain itu dirinya juga menyatakan siap mendukung Ketua KUD Karya Indah yang terpilih saat ini, singkatnya.

Sementara itu Jamaris selaku ketua terpilih KUD Karya Indah mengucapkan terimakasih atas dukungan yang telah diberikan semua pihak, dirinya berjanji akan memajukan KUD Karya Indah. (man)

  • Bagikan