Aliansi Purna Paskibraka Indonesia Kabupaten Inhu Sukses Gelar Latihan Gabungan

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Pecah rekor! Sebanyak 285 peserta hadir latihan gabungan paskibra se- Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) yang diadakan oleh aliansi Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Inhu dan pelatih paskibra sekolah tahun 2023, yang diadakan pada tanggal 28 Januari 2023 berlokasi di halaman kantor bupati.

Dimana pada tahun 2018 masih tercatat sebanyak 250-an peserta yang hadir latihan gabungan paskibra tingkat kabupaten, sedangkan pada tahun 2022 hanya tercatat sebanyak 145 peserta dari berbagai sekolah yang ada di Inhu.

“Hari ini (28/1/23) PPI Kabupaten Inhu dan pelatih paskibra sekolah tahun 2022 sebagai panitia pelaksana agenda latihan gabungan paskibra se Inhu tahun 2023, latihan gabungan ini untuk meningkatkan semangat kebersamaan serta menyatukan semua peserta yang dari berbagai sekolah,” kata salah satu penasehat paskibra Inhu tahun 2016 Hendri Maizardi dalam keterangannya.

Kemudian dia menegaskan bahwa latihan gabungan ini bukan untuk ajang mencari kesalahan setiap sekolah, tetapi untuk menyamaratakan aba-aba sesuai dengan Perpang TNI Nomor 56 tahun 2018.

Hendri menjelaskan latihan itu merupakan kegiatan rutin setiap tahun sekaligus menjadi momen kebersamaan para peserta latgab paskib se- Kabupaten Inhu sebelum mereka diseleksi per sekolah. Serta menjadi hari besar para PPI INHU untuk bertemu dengan calon Paskibraka tahun 2023.

“Kesan dalam pelaksanaan latihan gabungan paskibra se- kabupaten yaitu saya turut senang karena ini pertama kalinya saya ditunjuk dan dipercaya untuk meneruskan latihan gabungan paskibra se- kabupaten dari senior-senior saya, tentu saja ada kekurangannya karena saya masih amatir, tetapi berkat kekuatan dan doa-doa dari orang tua, teman-teman, dan senior saya Alhamdulillah pada hari Sabtu, tanggal 28 Januari 2023 telah dilaksanakan latihan gabungan dinyatakan sukses,” paparnya.

Pesan untuk latihan gabungan paskibra se- kabupaten adalah teruntuk penerus dirinya yang bertindak sebagai ketua pelaksana berharap untuk latihan gabungan paskibra selanjutnya lebih meriah dan lebih baik.

“Saya harap peserta-peserta yang telah mengikuti latihan gabungan paskibra se- kabupaten dapat menerapkan ilmunya di sekolah masing-masing sehingga pesertanya dapat mengibarkan bendera merah putih di ibu kota atau nasional,” ujar Afiq selaku ketua pelaksana dari MAN 1 Inhu.

Di dalam latihan gabungan tersebut dihadiri oleh PPI Inhu 2014, PPI tahun 2016, PPI tahun 2017, PPI tahun 2019, PPI tahun 2021 dan PPI tahun 2022 sebagai panitia pelaksana agenda latihan gabungan ini.

Adapun sekolah-sekolah yang hadir latihan gabungan Paskibra se- Kabupaten Indragiri Hulu tahun 2023, antara lain SMAN 1 Rengat, SMKN 1 Peranap, SMKN 1 Kuala Cenaku, SMAN 1 Pasir Penyu, MAN 1 Inhu, SMKN 1 Rengat, MA Nurul Falah Pasir Penyu, SMAS PGRI Rengat, SMAN 1 Sungai Lala, MA PP Asy-Syaakirin.

Selanjutnya MA Al-Hikmah Seberida, SMAN 2 Seberida, SMKN 1 Rengat Barat, SMAN 2 Rengat Barat, SMAN 1 Seberida, MA Ypair Rengat, SMAN 2 Sungai Lala, SMAN 2 Peranap, MA Khairul Ummah, MA Al-Ihsan Seberida, PP Syamsudin
dan SMAN 1 Peranap. (man)

  • Bagikan