Atraksi Debus Warnai Rangkaian Peringatan Hari Bhayangkara ke-76 di Polres Inhu

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Kesiapan siagaan menjelang peringatan Hari Bhayangkara ke-76 tahun 2022, Polres Indragiri Hulu (Inhu) menggelar aktraksi kesenian tradisional debus yang diketuai langsung oleh Kapolres Inhu AKBP Bachtiar Alponso S.Ik, M.Si bersama Mbah Tarom.

Pagelaran seni debus itu dilaksanakan Senin, 13 Juni 2022 siang di halaman Mapolres Inhu dan keliling Kota Rengat.

“Debus ini salah satu pagelaran kesenian tradisional yang diatraksikan dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-76 tahun ini sekaligus mengecek kekuatan fisik dan mental anggota dalam menjaga Harkamtibmas di Kabupaten Inhu,” kata Kapolres Inhu didampingi PS Kasubsi Penmas Polres Inhu, Aipda Misran disela-sela kegiatan tersebut.

Ada 9 atraksi yang diperagakan, diantaranya pecahkan genteng menggunakan kepala oleh personel Polres Inhu, kunyah pisau silet oleh Mbah Tanom, bacok perut gunakan pedang, bacok perut gunakan kapak yang dilakukan oleh Kapolres Inhu.

“Selain itu pukul punggung gunakan kayu yang dibakar, dilindas menggunakan sepeda motor, tebas semangka dengan mata tertutup, keliling Kota Rengat mengendarai sepeda motor dengan mata tertutup dan menyalakan tespen melalui badan,” sambungnya.

Turut hadir ketika acara itu, Wakapolres Inhu Kompol Dwi Yatmoko S.TP, S.Ik, M.IK, para Kabag, para Kasat, Perwira Pertama (Pama) dan puluhan personel Polres Inhu. (man)

  • Bagikan