Bentuk Kepedulian Kapolres Inhu Kepada Warga Talang Mamak, Selain Berikan Yankes Gratis dan Bansos Juga Antar Warga Berobat

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Disaat kesibukannya, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Indragiri Hulu (Inhu) AKBP Bachtiar Alponso S.Ik, M.Si masih menyempatkan diri untuk membezuk dan memberikan Bantuan Sosial (Bansos) kepada masyarakat suku pedalaman Talang Mamak yang sedang sakit.

Bahkan, Kapolres Inhu menyediakan Pelayanan Kesehatan (Yankes) gratis kepada masyarakat suku Talang Mamak dan membezuk warga Talang Mamak yang cidera akibat serangan binatang buas beberapa waktu lalu.

Tidak hanya sekedar menyambangi dan menyerahkan bantuan, Kapolres secara spontan Bersama Kapolsek Batang Gansal dan personel membawa warga Suku Talang Mamak yang sakit itu berobat ke rumah sakit terdekat.

Kegiatan sosial serta ikhtiar menjalin silaturahmi dengan masyarakat suku pedalaman itu dilaksanakan Kapolres Inhu, Rabu 9 November 2022 siang, di Desa Siambul, Kecamatan Batang Gansal.

“Hal ini dilakukan setelah kegiatan bersama Bupati Inhu meninjau kondisi jalan provinsi yang rusak di Kecamatan Batang Cenaku,” kata Kapolres Inhu melalui PS Kasubsi Penmas Polres Inhu Aipda Misran, Kamis (10/11/2022).

Dikatakannya, Kapolres tiba di Desa Siambul sekitar pukul 13.30 WIB, kemudian menyambangi rumah Godis (54) seorang ibu rumah tangga yang mengalami kebutaan kedua matanya akibat katarak sejak 2 bulan terakhir.

“Siang itu juga, Godis dibawa ke rumah sakit Muizah di Belilas, Kelurahan Pangkalan Kasai, Kecamatan Seberida,” terangnya.

Setelah diperiksa kondisi matanya, Godis dibawa lagi pulang kerumahnya, menunggu jadwal operasi yang akan dilaksanakan 16 November 2022 mendatang oleh pihak klinik Muizah.

“Godis juga diberi bantuan beras, gula pasir, teh, mie instan, bahan kebutuhan harian lainnya dan uang untuk berobat,” sambungnya.

Tidak sampai disana saja, saat menunggu kendaraan yang akan membawa Godis, Kapolres juga menyambangi dan memberikan bantuan sembako pada Deni (22) warga Desa Siambul yang luka-luka akibat serangan bintang buas, beruang, beberapa waktu lalu.

“Kapolres sempat berbincang dengan Deni soal kejadian yang dialaminya itu, Kapolres sempat terharu saat mendengar pengalaman mengerikan yang dialami Deni. Kapolres juga menyalurkan bantuan sembako pada Deni dan Bantuan uang,” tuturnya.

Turut mendampingi Kapolres saat kegiatan itu Kasat Lantas Polres Inhu AKP Rocky Junasmi S.Ik, MH, Kasi Propam AKP P Daulay, Kasi Dokkes dr Rendi Hariadi, Kapolsek Batang Gansal Ipda Donni Widodo Siagian SH, MH, Kepala Puskesmas Batang Gansal Yayuk Herawati S.Kep beserta 6 orang petugas kesehatan Puskesmas Batang Gansal.

Kemudian, Kepala Desa Siambul, Zulkarnaen, tokoh adat, tokoh adat Suku Talang Mamak Desa Siambul Rodang serta sejumlah pemuka masyarakat Desa Siambul lainnya.

“Hari ini, Kapolres Inhu merealisasikan program inovasi, yakni cek kesehatan dan berikan bantuan obat serta sembako untuk warga Suku Talang Mamak di Kecamatan Rengat Barat,” terang Misran lagi.

Dijelaskan Misran, cek kesehatan terhadap salah seorang warga Suku Talang Mamak di Desa Talang Jerinjing, Kecamatan Rengat Barat, yakni Tusen (42) yang berdomisili di wilayah RT 003, RW 001 Desa Talang Jerinjing.

Kapolres Inhu dan rombongan tiba rumah Tusen pada pukul 10.00 WIB, kemudian tim Dokkes Polres Inhu melaksanakan pengecekan kondisi kesehatan Tusen yang diketahui mengidap penyakit ulkus DM pedis sinistra et suspek gout arthritis pedis sinistra.

“Disamping bezuk dan cek kesehatan, Kapolres juga menyerahkan Bansos pada Tusen, dengan harapan bisa meringankan beban ekonomi Tusen dan keluarga serta untuk berobat,” tutupnya.

Turut dampingi Kapolres, Kapolsek Rengat Barat AKP Deni Afrial S.Pi, MH, Kasi Propam Polres Inhu Iptu Andraleksi, Paur Kes Polres Inhu dr Rendi, PS Kasubsi Penmas Polres Inhu Aipda Misran, Bhabinkamtibmas Desa Talang Jerinjing Brigadir Komaruddin serta personel Polres Inhu dan Polsek Rengat Barat. (man)

  • Bagikan