Dibuka Gubri, Ini Cara Bupati Yopi Sukseskan PEDA KTNA Riau

  • Bagikan

rapat-peda-ktna-inhuu

RIAU DETIL.COM,INHU– Desa Buluh Rampai Blok B eks Transmigrasi Kecamatan Siberida Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menjadi tuan rumah Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (PEDA KTNA) Provinsi Riau XV tahun 2016.Dalam sejarah kegiatan terbesar ini, Kabupaten Inhu kali pertama menjadi tuan rumah PEDA KTNA dan akan berlangsung selama dua hari tepatnya 22-23 Juni lusa dan sesuai jadwal akan dibuka langsung Gubernur Riau (Gubri) H Arsyadjuliandi Rachman.

Seperti diketahui event bergengsi kali ini akan diikuti peserta dari seluruh Kabupaten/Kota se Provinsi Riau dan dihadiri masing-masing Kepala Daerah.

Maka, sebagai komitmen Pemkab Inhu dalam mensukseskan PEDA KTNA di Kabupaten Inhu, Bupati Inhu H Yopi Arianto SE, mendirikan rest area atau posko pusat informasi bagi peserta di Jalan Lintas Timur Pematangreba.
Tujuannya, memudahkan informasi kepada seluruh peserta tentang fasiltas dan pusat PEDA KTNA. “Para peserta yang singgah untuk sebuah informasi dari Posko akan diantar ke area PEDA KTNA didampingi pengawal Patwal,” ungkap Bupati, Selasa (20/9/2016).

Kepada Panitia, kata Bupati, ia selalu mengingatkan untuk memperhatikan berbagai persiapan akomodasi selama pelaksanaan acara, sehingga PEDA KTNA tahun 2016 dapat berjalan lancar sesuai rencana.

Untuk kenyamanan para tamu, Pemkab Inhu kembali mesiagakan personil kemananan dan tenaga medis. “Untuk tenaga kemana sekitar 150 personil gabungan Polres, Kodim 0302 Inhu, Satpol PP dan Dinas Perhubungan,” papar Bupati.
Menurutnya, PEDA KTNA Riau tahun 2016 merupakan pertemuan akbar petani dan nelayan se Riau sekaligus sebagai ajang pengukuran prestasi dalam pembangunan pertanian dalam arti luas, media komunikasi teknologi pertanian, dan memperkokoh pembangunan sistem dan usaha agribisnis.
“Sedangkan tujuan PEDA, meningkatkan motivasi petani dan nelayan dan masyarakat pelaku agribisnis yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan melalui kemitraan yang saling menguntungkan serta menumbuhkan minat generasi muda pada bidang pertanian, perikanan, kelautan dan kehutanan dalam upaya kemandirian pangan,” papar Bupati.

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian Pemkab Inhu H Rahmat mengatakan, salah satu gebyar pameran Dinas Pertanian Pemkab Inhu adalah pameran tanaman pangan di area 1 hektar dan rekayasa tanaman holtikultura.

Ia berharap, melalui PEDA KTNA di Kabupaten Inhu mampu meningkatkan kemandirian kontak tani nelayan sebagai pelaku utama pembangunan pertanian, perikanan dan kelautan, serta meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan keahlian di bidang pertanian, kelautan dan perikanan. (RDC)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *