DPRD Inhu Gelar Rapat Paripurna Pengesahan APBD Inhu Tahun 2024

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menggelar rapat Paripurna Pengesahan Perda APBD Inhu tahun 2024, Rabu (29/11/2023).

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Inhu Jalan Batu Canai Kelurahan Pematang Reba Kecamatan Rengat Barat sekitar pukul 17.21 WIB.

Hadir dalam kesempatan ini Wakil Bupati Inhu Drs. H. Junaidi Rachmad M.Si, Ketua DPRD Inhu Elda Suhanura SH. MH, Wakil Ketua (Waka) II DPRD Inhu Rosman Yatim, perwakilan Polres Inhu Kabag Ren Kompol Hendri S.Sos, MH, Perwakilan Kodim 0302 Inhu Pasi Ter Kapten Aplison, Kasi Intelijen Kejari Inhu Muhammad Ulinnuha SH dan Perwakilan Pengadilan Negeri (PN) Inhu Manidar SH, MH.

Selain itu juga hadir Sekda Inhu Ir. H. Hendrizal M.Si, Sekwan Inhu Afrizal Dharma SE, Staf Ahli Evi Irma Junita S.KM, M.Kes, Para Asisten I H. Syahruddin S.Sos, MT, para Kepala OPD, Direktur RSUD Indrasari dr. M. Sobri, Para Anggota DPRD Inhu, Para Kabag, Kabid dan Camat se Kabupaten Inhu.

Pimpinan Rapat Paripurna Wakil II DPRD Inhu Rosman Yatim dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan terimakasih kepada wakil bupati dan rekan rekan anggota dewan serta para hadirin yang telah memenuhi undangan guna mengikuti rapat paripurna dalam rangka pengambilan keputusan Perda APBD Inhu tahun 2024.

Selanjutnya, dirinya telah mendapat laporan dari Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Inhu, bahwa dari 40 Orang Jumlah Anggota DPRD Inhu yang hadir 27 Orang dan yang tidak hadir 13 orang, mengacu peraturan dewan, maka Rapat ini bisa kita lanjutkan.

“Dengan Mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Daerah Kabupaten Indragiri Hulu Dalam Rangka Pengesahan RANPERDA APBD Kabupaten Inhu Tahun Anggaran 2024 saya nyatakan dibuka dan terbuka untuk umum,” bukanya.

Sementara itu, mewakili Badan Anggaran Mulyanto Amd menyampaikan bahwa sidang ini berdasarkan UU NO 23 Tahun 2014 tentang APBD yang diajukan oleh kepala daerah, badan pemerintah daerah disebutkan bahwa salah satu fungsi DPRD adalah fungsi anggaran yang diwujudkan dalam pembahasan untuk persetujuan bersama.

“Terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang APBD Inhu tahun 2024 telah diajukan Bupati Inhu pada tanggal 14 November 2023,” ujarnya.

Pembahasan Ranperda tentang APBD Inhu tahun 2024 merupakan suatu prosedur pembahasan yang dilaksanaa oleh Badan Anggaran (BANGGAR) bersama TPAD dan OPD bertitik tolak pada tekat dari komitmen untuk menyusun rancangan APBD Tabun 2024 yang berkualitas, efisien dan berpihak kepada kebutuhan masyarakat.

“Hal ini demi menjaga 3 pilar tata pengelolaan keuangan daerah yang baik, yaitu transparan, akuntabilitas dan partisipasi sesuai sebagaimana dengan yang diamanatkan oleh peraturan pemerintah no 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah,” paparnya.

Ranperda tentang APBD tahun 2024 yang telah disampaikan oleh Bupati Inhu kepada DPRD guna ditindak lanjuti sebagai Peraturan Daerah (Perda) tentang APBD tahun 2024.

“Adapun jumlah pendapatan sebesar Rp 1.329.431.177.049, Belanja daerah sebesar Rp. 1.463.818.288.824, jumlah pembiayaan Rp. 134.387.111.775 yang selanjutnya dilakukan pembahasan oleh banggar melalui pokja sesuai OPD masing-masing,” ungkapnya.

Sementara itu, Wabup Inhu dalam sambutan mengucapkan terimakasih kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD Inhu atas pelaksanaan sidang paripurna terkait pengesahan RANPERDA APBD Inhu tahun anggaran 2024.

“Berbagai dinamika yang terjadi selama proses pembahasan telah kita lalui dengan semangat serta menjunjung nilai-nilai kebersamaan,” tuturnya.

Sehingga penetapan APBD Inhu Tahun Anggaran 2024 dapat dilaksanakan sesuai dengan apa yang kita harapkan.

“Kami sangat mengapresiasikan kepedulian dan dukungan yang telah diberikan oleh anggota dewan yang terhormat selama pembahasan, terutama dalam mempertajam target-target program dan kegiatan yang telah direncanakan,” sambungnya.

Selanjutnya, ucapan terima kasih dan apresiasi juga kami sampaikan kepada seluruh perangkat daerah, Terutama TAPD, yang telah bekerja keras, bahkan ikut melakukan pembahasan bersama rekan-rekan legislatif.

“Mudah-mudahan, apa yang sudah kita rencanakan dapat tercapai dengan baik, tepat sasaran dan akuntabel demi tercapainya visi mewujudkan kabupaten Inhu yaitu merajut keterpaduan untuk masyarakat Indragiri Hulu lebih sejahtera,” tutupnya. (man)

  • Bagikan