Dukung Ekonomi Kreatif, Disporapar Inhu Taja Pelatihan Kualitas Kemasan Makanan Tradisional

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) melaksanakan acara pelatihan peningkatan kualitas makanan tradisional bagi pelaku usaha kuliner di Kabupaten Inhu, Selasa (29/03/22) di Aula Lt.II Disporapar.

Pelatihan ini menghadirkan Narasumber dari Upt Industri pangan, Olahan dan Kemasan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah Provinsi Riau yaitu Sahidin,ST dan Narasumber Kabupaten Kabid Perindustrian Disperindag Inhu yaitu Sutarama Atmaja SP.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan wawasan dan pengetahuan kepada peserta tentang kemasan, kegunaan dan jenis kemasan serta menghitung biaya pengemasan sesuai kebutuhan yang dapat diterapkan pada produk makanan tradisional,” ujar panitia pelaksana Nurizal Murza Indra dalam laporannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Atan SP dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhu memberi perhatian kepada sektor pengembangan ekonomi kreatif.

“Hal ini dibuktikan juga dengan adanya Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 tahun 2022 tentang RPJMD 2021-2026 sebagai tindak lanjut visi misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih yang didalamnya tertuang pemantapan pemberdayaan ekonomi kreatif,” katanya lagi.

Untuk kali ini kita melaksanakan pelatihan peningkatan kualitas kemasan makanan tradisional yang merupakan bagian dari kuliner dan kami berharap setelah pelaksanaan kegiatan ini ada hal baru yang dapat diterapkan oleh pelaku usaha kuliner di Kabupaten Inhu.

“Sehingga dengan kemasan yang baik dapat menarik pembeli yang pada akhirnya dapat meningkatkan ekonomi Masyarakat,” ujarnya.

Usai pemaparan materi oleh para Narasumber, acara dilanjutkan sesi tanya jawab dan diskusi sehingga suasana pelatihan semakin menjadi hangat.

Pada sesi akhir acara dilaksanakan foto bersama dan pemberian bonus oleh Narasumber Provinsi Sahidin ST kepada peserta yakni memfasilitasi pembuatan desain label kemasan dan stiker secara gratis bagi produk kulinernya. (man)

  • Bagikan