Gubri Serahkan BKK Provinsi Riau Kepada Seluruh Desa Kabupaten Inhu TA 2022

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Gubernur Riau (Gubri) Drs. H. Syamsuar M.Si hadir secara langsung di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) untuk menyerahkan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Desa Provinsi Riau kepada seluruh desa di Inhu Tahun Anggaran 2022, yang digelar di GOR Jiro, desa Sukajadi Kecamatan Lirik, Selasa Siang (15/11/2022).

Hadir dalam kegiatan ini Bupati dan Wakil Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi – Junaidi Rachmat, Ketua DPRD Provinsi Riau Yulisman, Kadis PMD provinsi Riau, Anggota Forkopimda Kabupaten Inhu, Asisten Administrasi Umum, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Kesra, Kadis PMD Inhu, Pejabat di Lingkungan Pemkab Inhu, Camat se Kabupaten Inhu, Kepala Desa se Kabupaten Inhu, Ketua APDESI/Forum Kades Kabupaten Inhu, Ketua PABPDSI/ Forum BPD Kabupaten Inhu, Guru Tahfiz se Kabupaten Inhu, Direktur Bumdes se Kabupaten Inhh serta Undangan lainnya.

Bupati Inhu dalam sambutannya mengatakan bahwa kehadiran gubernur ke Inhu dalam dua hari pelaksanaan rangkaian agenda kerja menjadi booster semangat bagi pemkab daerah dan Pemdes Inhu untuk lebih berkarya.

“Semoga selama dalam rangkaian kunjungan kerja ini di memberi kesan dan pengalaman yang baik bagi gubernur beserta ibu (istri),” ujar Rezita

Bupati Rezita melaporkan kepada Gubri Syamsuar bahwa BKK Desa Provinsi Riau untuk desa-desa se Inhu telah 100% diterima oleh seluruh desa berkat kerjasama seluruh kepala desa dengan camat dan Pemkab serta provinsi Riau mulai dari proses pengajuan proposal, proses penyiapan persyaratan dan verifikasi sampai pada proses pencairan nya.

“Pemkab Inhu memberikan apresiasi terhadap kerjasama yang baik ini, karena desa-desa se Inhu adalah termasuk yang tercepat dalam pengajuan proposal dan tercepat dalam pencairan hingga lengkap 178 Desa atau 100%,” terangnya.

Rezita melaporkan ada 2 (dua) kegiatan wajib yang diamanatkan kepada seluruh desa yaitu kegiatan kewirausahaan dan kegiatan peningkatan manajemen Bumdes yang telah 100% dilaksanakan oleh seluruh desa dengan mengoptimalkan badan kerjasama antar desa pada tiap-tiap kecamatan.

“Salah satu usulan dari pemkab dalam kesempatan ini adalah dengan memberikan penghargaan berupa tambahan alokasi dana BKK bagi desa-desa yang berstatus mandiri dan maju,” ujarnya.

“Usulan lainnya semoga besaran pagu BKK tahun selanjutnya bisa bertambah untuk seluruh desa,” harap Rezita.

Gubernur Riau didampingi Ketua DPRD Provinsi Riau, Bupati Inhu, Wabup Inhu dan Kadis PMD provinsi Riau menyerahkan BKK Provinsi Riau Kepada Seluruh Desa di Inhu Tahun Anggaran 2022 secara simbolis diantaranya yaitu Kecamatan Lirik : Desa Sukajadi adalah Bantuan Keuangan Khusus dan Desa Lambangsari I,II,III yaitu bantuan operasional posyandu.

Untuk Kecamatan Rengat Barat : Desa Kota Lama bantuan Insentif dan sarana pendukung guru tahfiz, Kecamatan Pasir Penyu Desa Air molek II bantuan Penyertaan modal bumdes, desa Candirejo bantuan pelatihan kewirausahaan pemuda/pemudi.

Kecamatan Sei Lala : Desa Sei Lala bantuan masyarakat miskin dan penanggulangan stunting, Kecamatan Batang Cenaku : Desa Talang Mulya bantuan Bumdes Maju Level A, Kecamatan Seberida : Desa Seresam bantuan Bumdes Maju Level A.

Gubernur Riau, Syamsuar dalam sambutannya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati yang selama 2 hari kunjungannya ke kabupaten Inhu telah setia mendampingi.

“Tujuan dari Bantuan Keuangan Khusus adalah supaya kemajuan desa terus meningkat termasuk juga Bumdesnya,” ujarnya.

Syamsuar mengatakan dengan adanya BKK diharapkan tidak ada lagi desa tertinggal di provinsi Riau dan juga diharapkan semua desa sudah memiliki Bumdes.

“Bumdes akan membantu meningkat kan perekonomian masyarakat” ujar Syamsuar.

Syamsuar mengharapkan peran serta Kades dalam upaya mengentaskan kemiskinan dan penurunan angka stunting.

“semoga dengan adanya bantuan BKK ini dapat menurunkan angka kemiskinan dan stunting di provinsi Riau,” harap Syamsuar. (man)

  • Bagikan