Halal Bihalal Thariqat Naqsyabandiyah: Kapolres Inhu Dukung Pengajian TNAJ

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Jemaah Thariqat Naqsyabandiyah Alkholidiyah Jalaliyah (TNAJ) di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) mengelar Halal Bihalal bersama Pemkab, TNI dan Polri serta masyarakat setempat. Acara dipusatkan di kediaman ketua Dewan Mursyidin TNAJ Inhu, SM Muhammad Abdul Malik di Desa Aur Cina, Kecamatan Batang Cenaku, Sabtu (6/5/2023).

Halal Bihalal TNAJ Syawal 1444 H tahun 2023 ini mengusung tema sinergitas “Rayakan Kemenangan Dengan Memperkuat Silahturahmi dan Indahnya Kebersamaan antar sesama,”.

Hadir pada acara itu Tuan Guru DR SM Munawar Kholil S.Thi, M.Pdi, Kapolres Inhu AKBP Dody Wirawijaya S.Ik diwakili Kapolsek Batang Cenaku, Iptu Adam Efendi SE, MH, Camat Batang Cenaku Dudi Sumbari S.IP, Anggota DPRD Inhu Suharto dan Sugeng Riono serta para pemuka masyarakat dan ratusan jemaah TNAJ di Kabupaten Inhu.

Tuan Guru DR SM Munawar Kholil dalam tausiahnya menjelaskan tentang kemajuan suatu negeri atau daerah terletak dari keimaman dan ketaqwaaan pemerintah dan penduduknya. Jika bertakwa atau takut pada Allah maka negeri akan aman.

“Bagaimana kita mau maju jika tidak bertakwa atau merasa takut pada Allah. Kalau sudah tidak takut pada Allah apalagi sama Polisi, sama Pemerintah, sama orangtua. Jadi inilah yang harus kita tanamkan di hati masyarakat. Karena iman dan taqwa tempatnya di dalam hati yang bersih” sebut tuan guru Munawar Kholil.

Beliau juga berpesan kepada seluruh jemaahnya agar senantiasa mengamalkan Zikrullah sesuai yang sudah diajarkan untuk menjaga kebersihan hati memperkuat keimanan dan ketakwaan pada Allah sehingga bisa diterapkan dalam mengikuti aturan, baik aturan agama, pemerintah maupun adat istiadat kebudayaan.

Tuan Guru DR SM Munawar Kholil yang juga Pimpinan Pondok Pesantren Marjanul Qolbi Rimbo Bujang, Jambi ini juga menerangkan beberapa penyakit yang dapat mengotori hati sehingga sulit untuk beriman dan takut pada Allah.

“Berbagai metode membersihkan hati salah satunya dengan mengamalkan Zikrullah yang telah diajarkan Rasullullah Nabi Muhammad SAW yang diturunkan kepada para silsilahnya,” paparnya.

Jika anak diajarkan membersihkan hati dengan mengamalkan Zikrullah maka akan beradab dan patuh pada orangtuanya. Nah, jika amalan membersihkan hati ini diamalkan masyarakat dan para petinggi negeri maka InshaAllah daerah bahkan negara ini akan maju dan sejahtera.

Pada kesempatan yang sama Kapolres Inhu, AKBP Dody Wirawijaya S.Ik melalui Kapolsek Batang Cenaku Iptu Adam Efendi menyampaikan pihaknya selaku jajaran kepolisian sangat mendukung kegiatan kegiatan pengajian TNAJ di Kabupaten Inhu.

“Saya juga menyampaikan pesan dari Kapolres Inhu, jika nanti ada acara pengajian Thariqah Naqsyabandiah Alholidiyah Jalaliyah kami siap untuk diundang dan mengikuti pengajian,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Camat Batang Cenaku, Dudi Sumbari, Anggota DPRD Inhu Suharto dan perwakilan pemuka masyarakat, Ngali dalam sambutannya dalam acara tersebut. (man)

 

  • Bagikan