Jelang Perayaan Nataru, PLN UP3 Rengat Siap Pasok Listrik Andal dan Petugas yang Siaga Layani Pelanggan

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Menjelang Perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), PT PLN (Persero) UP3 Rengat memastikan pasokan listrik untuk masyarakat di 3 kabupaten layanan yaitu Indragiri Hulu (Inhu), Indragiri Hilir (Inhil) dan Kuantan Singingi (Kuansing) dalam kondisi andal.

Selain itu, PLN juga menerjunkan sejumlah personel untuk mengamankan infrastruktur kelistrikan.

Manajer PLN UP3 Rengat Beny Indra Praja menjelaskan PLN UP3 Rengat telah mempersiapkan keandalan sistem kelistrikan untuk memastikan masyarakat bisa menikmati liburan dan hari raya Natal dengan tenang dan aman.

“Menjelang libur Nataru, kami PLN memahami semua masyarakat ingin menikmati libur dengan tenang dan aman. Kami PLN siap memasok listrik andal bagi masyarakat,” ujar Beny, Selasa (20/12/2022) kemarin.

Dijelaskan oleh Manajer PLN UP3 Rengat itu bahwa masa siaga Nataru tahun ini dilaksanakan mulai tanggal 19 Desember 2022 sampai dengan 4 Januari 2023. Untuk itu PLN UP3 Rengat telah melaksanakan Apel Siaga Nataru di kantor UP3 dan 5 Unit Layanan Pelanggan (ULP) yakni ULP Rengat Kota, ULP Air Molek, ULP Kuala Enok, ULP Tembilahan dan ULP Taluk Kuantan.

“Kami telah mempersiapkan 34 posko layanan dan menerjunkan 238 personel pelayanan tehnik dan 116 operator pembangkit,” terangnya.

Begitu juga sarana pendukung seperti kendaraan roda 4 ( 13 unit), roda 2 (11 unit), mobile crane (3 unit), Unit Gardu Bergerak (2 unit), dan mobile genset (2 unit) yang siap mengamankan tempat tempat prioritas pengamanan seperti rumah ibadah, fasilitas kesehatan, dan kantor pemerintahan dalam masa siaga ini.

“Disamping persiapan personel dan armada, PLN UP3 Rengat juga telah melakukan beberapa persiapan dalam rangka memastikan kesiapan pasokan listrik selama masa siaga Nataru kali ini,” ungkapnya.

Diantaranya memastikan ketersediaan material pemeliharaan, melakukan inspeksi menyeluruh pada jaringan kelistrikan dan juga melakukan pengecekan langsung pada tempat-tempat prioritas seperti rumah ibadah, fasilitas kesehatan, kantor pemerintahan dan lokasi-lokasi priotitas lainnya.

Seperti yang dilaksanakan pada hari Selasa, 20 Desember 2022 tim PLN UP3 Rengat dipimpin langsung oleh Manajer UP3 Rengat melaksanakan kunjungan dan pengecekan bersama ke 2 lokasi prioritas yakni Gereja HKBP Rengat dan RSUD Indrasari Rengat.

“Melalui kunjungan langsung ini saya ingin memastikan tidak ada satupun kegiatan ibadah yang terganggu pelayanan kelistrikannya, tidak ada satupun gereja, rumah sakit, fasilitas umum dan pusat-pusat kegiatan yang terganggu pasokan listriknya selama perayaan natal dan tahun baru 2023 ini,” kata Beny.

Manajer PLN UP3 Rengat ini juga menghimbau kepada masyarakat untuk waspada dalam musim penghujan karena kondisi cuaca ekstrim berpotensi menyebabkan terjadinya gangguan listrik.

Ia menambahkan, masyarakat yang hendak berpergian keluar kota untuk bisa mengamankan listrik rumahnya masing masing dengan mematikan sambungan listrik dan juga memastikan semua barang elektronik dalam kondisi mati.

“Masyarakat yang membutuhkan layanan kelistrikan maupun melakukan aduan gangguan kelistrikan saat ini juga tak perlu repot datang ke kantor PLN, karena semua bisa diakses melalui aplikasi PLN Mobile, seluruh layanan dalam genggaman, untuk mendekatkan PLN dengan pelanggan,” tutupnya. (man)

  • Bagikan