Jelang Ramadhan, Kunjungan ke Komplek Makam Narasinga ll Meningkat

  • Bagikan
Masyarakat yang melakukan Ziarah Kubur ke Makam Raja Narasinga ll di Desa Kota Lama

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Sudah menjadi tradisi, setiap menjelang bulan suci Ramadhan umat. Islam di berbagai daerah di Indonesia melakukan Ziarah Makam, mulai dari makam orang tua, keluarga terdekat dan tidak terkecuali kemakam-makam yang dinilai memiliki histori.

Seperti halnya di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), menjelang Ramadhan 1439 H/2018 M Makam Raja Narasinga ll yang merupakan Sultan Kerajaan Indragiri ke 4 nmenjadi salah satu tempat yang banyak diziarahi masyarakat.

Saharan selaku Kordinator Pelestari Cagar Budaya Balai Pelestarian Cagar Budaya Sumbar, Riau dan Kepri di Kabupaten Inhu minggu (13/5/2018) kepada media ini membenarkan terjadinya peningkatan pengunjung komplek makam Raja Narasinga ll.

“Makam Raja Narasinga ll Sultan Indragiri ke 4 diminati pengunjung religius dalam rangka ziarah kubur sekaligus berwisata religius, peningkatan kunjungan tersebut mencapai 45 persen,” katanya.

Menurut mereka, kata Saharan, Situs Raja Narasinga ll yang bergelar Paduka Maulana Sri Sultan Alaudin Iskandarsyah Johan Zikrullah Fil Alam yang teletak dikomplek Makam Raja-Raja Desa Kota Lama Kecamatan Rengat Barat adalah salah satu makam tertua menurut Zamannya.

“Selain itu Raja Narasinga ll adalah sosok tokoh yang memiliki kepiawaian yang patut dibanggakan,” terangnya lagi.

Dijelaskannya, pada makamnya terdapat 2 (dua) buah batu nisan yang terbuat dari Andesit yang dilengkapi Enkripsi dan Relief yang membawa nuansa islami.

“Hal ini membuat para pengunjung lebih tertarik untuk melakukan ziarah kubur dengan melakukan pembacaan Surat. Yassin, Tahmid, Tahlil serta Doa yang ditujukan untuk Raja Narasinga ll,” tutupnya. (Man)

  • Bagikan