Kasrem 031 WB Kunjungi Lokasi TMMD di Desa Talang Jerinjing

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Kepala Staf Komando Resor Militer (Kasrem) 031 Wira Bima Kolonel Czi I Nyoman Parwata mengunjungi Lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0302 Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) yang berada di Desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat, kamis (13/4/2017).

Dalam kesempatan tersebut Kasrem menyampaikan kepada semua pihak agar tidak memberi sebutan suku terasing kepada warga Suku Talang Mamak, hal ini sesuai perintah dan petunjuk Komandan Korem 031/WB Brigjen TNI Abdul Kharim.

“Jangan ada lagi kalimat yang menyebutkan warga Talang Mamak sebagai suku terasing, mereka adalah warga negara Indonesia yang juga berhak menikmati kemerdekaan,” tegasnya.

Kegiatan pembangunan jalan baru sepanjang 1,8 KM di Desa Talang Jerinjing yang dilaksanakan Kodim 0302 Inhu, telah sesuai dengan konsep TMMD menjadi pelopor pembangunan, membantu pemerintah setempat untuk menindaklanjuti pembangunan di desa.

Selain meninjau kegiatan pembangunan jalan, Kolonel I Nyoman Parwata yang didampingi Dandim 0302 Inhu Letkol Inf Mujibburahman Hadi SE juga mengunjungi warga suku Talang Mamak yang tinggal di dusun IV desa Talang Jerinjing.

Pada kesempatan itu, warga juga menyampaikan rasa terimakasih kepada TNI yang telah membuka akses jalan penghubung dusun IV tempat tinggal mayoritas suku Talang Mamak dengan dusun I sebagai pusat pemerintahan desa Talang Jerinjing.

“Dengan adanya pembangunan jalan baru ini, anak – anak kami tak jauh lagi pergi ke sekolah, karena selama ini jarak dari rumah ke sekolah harus menempuh perjalanan sepanjang 10-15 Kilometer,” ujarnya.

Diungkapkanya, jalan yang dibangun melalui kegiatan TMMD tersebut akan diberi nama jalan “Perjuangan”, ini untuk mengingat perjuangan dalam mewujudkan jalan yang diidamkan selama ini, sekaligus untuk mengenang para prajurit TNI yang telah berjibaku mengerjakan pembangunan jalan tersebut bersama warga.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada bapak – bapak tentara, dengan membangun jalan ini sudah mengeluarkan kami dari keterasingan, apalagi pak tentara tak mau menyebut kami suku terasing,” ungkapnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0302 Inhu Letkol Inf Mujibburahman Hadi SE menyampaikan bahwa selain kegiatan pembangunan jalan, Kodim 0302 Inhu juga akan memberikan penyuluhan kepada warga, khusunya terhadap warga suku Talang Mamak di desa tersebut.

“Di desa ini kami juga memberikan penyuluhan wawasan kebangsaan yang merupakan program TMMD. Penyuluhan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bela negara kepada warga, termasuk warga suku Talang Mamak,” jelasnya.  (Man)

  • Bagikan