Kasus Covid-19 di Inhu Terus Bertambah

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Kasus Covid-19 di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) terus mengalami penambahan, hari ini tercatat terjadi penambahan sebanyak 56 kasus yang tersebar di 8 puskesmas.

Hal ini berdasarkan press release Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Daerah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Kamis 29 Juli 2021 yang dibacakan oleh juru bicaranya Jawalter S M.Pd.

Dikatakannya, berdasarkan data terbaru yang dihimpun Dinas Kesehatan (Dinkes) tanggal 28 Juli 2021 terdapat penambahan 56 kasus Covid-19 yang tersebar di 8 Puskesmas yang berada di 7 Kecamatan di Kabupaten Inhu.

“Kasus tersebut antara lain 18 orang di Puskesmas Air Molek, 18 orang di Puskesmas Pekan Heran, 9 orang di Puskesmas Batang Gansal, 3 orang di Puskesmas Lirik, 4 orang di Puskesmas Pangkalan Kasai, 2 orang di Puskesmas Kombesko, 1 orang di Puskesmas Kota Baru, dan 1 orang di Puskesmas Rakit Kulim,” paparnya.

Dijelaskannya, dari total 56 orang tersebut, 50 orang merupakan suspek dan 6 orang kontak erat, 48 orang melakukan isolasi mandiri, 7 orang dirawat di rumah sakit dan 1 orang meninggal dunia. Kasus terbanyak hari ini terjadi di Kecamatan Pasir Penyu dan Kecamatan Rengat Barat dengan masing-masing total 18 kasus.

“Penambahan kasus terjadi karena adanya tracking kasus konfirmasi Covid-19 yang dilakukan oleh pihak Puskesmas kemudian dilanjutkan dengan pengambilan swab dan hasilnya positif serta adanya pengambilan swab terhadap pasien yang dirawat di rumah sakit dan hasilnya positif,” terangnya.

Lebih lanjut disampaikannya, hingga tanggal 28 Juli 2021 terdapat total komulatif suspek berjumlah 5.828 kasus dengan rincian isolasi mandiri 74 orang, isolasi di rumah sakit 17 orang, selesai isolasi 5.646 orang dan meninggal dunia 91 orang.

“Sementara itu, total komulatif kasus konfirmasi hingga saat ini berjumlah 4.182 kasus dengan rincian isolasi mandiri 181 orang, rawat di rumah sakit 52 orang, masih dipantau 233 orang, sembuh 3.827 orang dan meninggal dunia 122 orang,” terangnya lagi.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhu terus menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) dalam rangka penanganan COVID-19 di Kabupaten Inhu.

“Diantaranya disiplin dalam menggunakan masker ketika melakukan aktivitas yang terdapat kontak fisik dengan orang lain, selalu menjaga jarak, sering mencuci tangan dengan sabun di air mengalir dan menghindari kerumunan,” pungkasnya. (man)

  • Bagikan