MTQ Tingkat Kecamatan se Inhu Dibuka Secara Serentak

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM,RENGAT – Musabaqah Tilawatik Qur’an (MTQ) tingkat kecamatan se Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) telah dibuka secara serentak pada Rabu (26/4) malam, pemibukaan ini dilakukan oleh pejabat eselon II yang ada dilingkungan Pemkab Inhu.

Dalam pelaksanaannya, sebanyak 14 kecamatan yang ada diberi kewenangan untuk menetapkan lokasinya.

“Pelaksanaan MTQ serentak tingkat kecamatan boleh dilapangan atau di masjid,” ujar Kepala Bagian Kesra Setdakab Inhu Drs Ahmad Jalil.

Menurutnya, dari data yang diterima dari sejumlah kecamatan, yakni hanya Kecamatan Lirik yang menyelenggarakan MTQ dilapangan. Sedangkan kecamatan lainnya, memilih melaksanakan MTQ di masjid. Namun tidak tertutup kemungkinan dalam sisa waktu jelang pelaksanaan MTQ serentak ini, masih ada kecamatan yang memilih penyelenggaraannya dilapangan.

Dalam pelaksanaan MTQ ditingkat kecamatan, sangat diharapkan dengan objektif dan selektif. Karena bibit-bibit qori dan qoriah yang menjadi utusan dari kecamatan pada tingkat kabupaten sebagai rangkaian untuk persiapan mengahadapi MTQ tingkat provinsi.

Selain itu sebutnya, penyelenggaraan MTQ serentak ini ditingkat kecamatan dalam rangka penyeleksian qori dan qoriah yang bertul-betul berasal dari kecematan terkait. Sehingga diharapkan, pihak kecamatan dapat membina putra daerah setempat dalam bidang MTQ.

Pembukaan MTQ serentak ditingkat kecamatan sambung, tetap ada variasi waktu yakni adanya diantara kecamatan membuka pada pagi, siang maupun malam pada tanggal 26 April 2017.

“Begitu juga dengan lama waktu pelaksanaan MTQ ditingkat kecamatan tetap menyesuaikan kondisi dimasing-masing kecamatan, karena bisa saja, pelaksanaanya dilakukan selama empat hari atau selama sepekan,” katanya.

Karena anggarannya sudah ada di kecamatan, makanya lama pelaksanaanya tetap menjadi kewenangan kecamatan tersebut, tutupnya.(Man)

  • Bagikan