Pemkab Inhu Luncurkan Program Paket, Desa Pasir Kemilu Dijadikan Contoh

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Bupati Indragiri Hulu (Inhu) Rezita Meylani Yopi SE pada saat meresmikan pemakaian Gedung Olah Raga (GOR) Sultan Mahmud Syah Pematang Reba Kecamatan Rengat Barat, selain membuka turnamen bola volli Bupati Cup I juga berkesempatan mencanangkan program Desa/Kelurahan Digital.

Hal ini dilakukan Rezita pada Sabtu (7/5/2022) kemarin, dengan dihadiri oleh Forkompinda, Sekda Inhu, Para Kepala OPD, Pejabat Eselon III, Camat, Lurah serta Kepala Desa (Kades).

“Hari ini kita juga melakukan pencanangan merajut keterpaduan untuk masyarakat Inhu lebih sejahtera melalui pelayanan administrasi kependudukan terpadu (paket),” katanya.

Hal ini melalui program berbasis desa/kelurahan digital dimulai dari desa pasir kemilu kecamatan rengat, sambungnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Inhu Syaiful Bahri S.Sos kepada wartawan menyampaikan bahwa Ini upaya Pemkab Inhu dalam merajut keterpaduan untuk masyarakat lebih sejahtera melalui program PAKET.

Dijelaskannya, pelaksanaan program PAKET ini diawali dari Desa Pasir Kemilu Kecamatan Rengat. Bahkan sesuai target, 164 desa dan kelurahan di Kabupaten Inhu akan tuntas di tahun 2023 mendatang.

“Secara umum program PAKET berbasis desa dan kelurahan digital akan memuat data administrasi kependudukan warga. Hanya saja, ada batasan data yang tidak diakses agar tidak disalahgunakan,” ungkapnya.

Selanjutnya, melalui program PAKET akan dapat memudahkan pelayanan administrasi kependudukan bagi warga, jika biasanya untuk rekam dan cetak KTP-el ke kantor Disdukcapil, melalui program PAKET bisa di kantor desa atau kelurahan.

“Program PAKET tersebut, juga ada admin sebagai perpanjangan tangan Disdukcapil, program PAKET ini juga sebagai persiapan data untuk menghadapi Pemilu serentak 2024 mendatang,” bebernya.

Ditempat terpisah, Kepala Desa (Kades) Pasir Kemilu, Dedy Roni ST mengatakan bahwa, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Disdukcapil.

“Alhamdulillah, desa kami dijadikan percontohan program PAKET. Semoga secepatnya program PAKET dapat kami jalankan,” ujarnya.(man)

  • Bagikan