Peringati Hari Kartini 2022, Para Guru SDN 015 Kuba Gunakan Baju Kebaya

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Tanggal 21 April diperingati sebagai hari Kartini, dimana pada hari ini seorang pejuang wanita Indonesia yang digelar sebagai Pahlawan Emansipasi Wanita dilahirkan.

Seperti diketahui bahwa, RA Kartini adalah Pahlawan Nasional yang berjuang demi memperjuangkan nasib kaum wanita yang dikenal dengan istilah emansipasi wanita. RA Kartini lahir di Mayong pada 21 April 1879 di Mayong,

Kepala Sekolah SDN 015 Kuantan Babu Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Raja Umi Kalsum mengatakan bahwa RA Kartini adalah seorang perempuan yang memiliki semangat pendidikan.

“Beliau adalah pahlawan emansipasi wanita dan sekaligus sebagai pejuang pendidikan terutama bagi kaum wanita,” kata wanita yang akrab disapa Umi ini, Kamis (21/4/2022).

Dikatakannya, peringatan ini bertujuan menghargai perjuangan Raden Ajeng Kartini dalam menghidupkan emansipasi wanita di Indonesia, semangat beliau patut kita jadikan teladan.

“Untuk mengenang jasa beliau maka hari ini seluruh majelis guru SDN 015 khususnya yang perempuan mengenakan baju kebaya seperti baju yang digunakan oleh RA Kartini semasa hidupnya,” terang Umi.

Berikut sepenggal kata dari RA Kartini untuk bangsa ini :
Tiada awan dilangit yang tetap selamanya
Tiada mungkin akan terus menerus terang cuaca
Sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan
Kehidupan manusia serupa alam
Hargai semangatnya dengan melahirkan hal positif yang bisa membangun bangsa ini lebih baik

“Selamat memperingati Hari Kartini 21 April 2022, Habis Gelap Terbitlah Terang,” ujarnya. (man)

  • Bagikan