Persatuan Pelancong Warisan Malaysia Kunjungi Komplek Makam Raja Narasinga ll di Kota Lama

  • Bagikan
Datok Don Abdullah Bin Hussin di Makam Narasinga ll

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Datok Don Abdullah Bin Hussin (52) melakukan kunjungan ke Komplek Makam Raja Narasinga ll di Desa Kota Lama Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) minggu (16/4/2017).

Kehadiran ahli sejarah dari malaysia ini di dampingi oleh Keluarga Datuk Tumenggung Indragiri Encik Syafrizal, Encik Afrizal dan Encik Suherman.

Dalam kunjungan ini Datok Don Abdullah Bin Hussin berkesempatan mengunjungi beberapa makam seperti Komplek Pemakaman Raja Narasinga ll, Makam Raja Usman Padillah bergelar Tun Kecik Mangkubumi Indragiri, Makam Panglima Perang Indragiri Andi Sumpu Muhammad bergelar Jukse Besi.

Dalam kesempatan ini Datok mengaharapkan agar keberadaan komplek makam ini dijadikan aset daerah, karena memiliki sejarah yang sangat penting.

“Pemerintah daerah inhu rugi jika tidak memelihara komplek makam raja Narasinga ll ini, karena merudakan aset daerah yang tidak ternilai harganya,” ujarnya.

Dirinya mengharapkan agar pihak pengelola menyediakan papan dimasing-masing makam yang memuat, nama, serta jabatan dan sejarah kehidupan (autobiografi) dari pemilik makam tersebut.

Dikatakannya salah satu dari makam yang ada di komplek pemakaman ini yaitu Makam Panglima Perang Indragiri Andi Sumpu Muhammad bergelar Jukse Besi merupakan salah seorang pejuang yang ikut membebaskan malaysia.

“Tujuan saya datang kesini adalah untuk melihat secara langsung kondisi makam raja-raja yang ada di Inhu, ape yang saya lihat dan temukan akan disampaikan pada seminar sejarah di negaranya,” terangnya.

Sepatutnya universitas yang ada di inhu membuat kajian-kajian terhadap keberadaan makam-makam di komplek makam raja indrgiri ini, tutupnya. (Man)

  • Bagikan