Reses Yurizal SH, Dua Desa di Rengat Usulkan Pembangunan Jaringan Listrik

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Hingga saat ini, ternyata pembangunan listrik belum merata di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu). Parahnya lagi, jaringan listrik PLN yang tidak merata itu berada dalam wilayah Kecamatan Rengat yang notabene adalah ibukota kabupaten.

Hal itu terungkap dari pelaksanaan reses I anggota DPRD Kabupaten Inhu, Yurizal SH, dimana 2 dari 3 desa yang dijadikan lokasi pelaksanaan resesnya mengusulkan pembangunan listrik.

“Setelah pelaksanaan reses, ada sejumlah program prioritas yang diusulkan masyarakat diantaranya pembangunan jaringan listrik PLN,” ujar Yurizal SH yang juga wakil ketua Komisi III DPRD Inhu, Jumat (25/3/2022).

Menurutnya, dari tiga lokasi pelaksanaan reses dalam Kecamatan Rengat, ada dua desa yang mengusulkan pembangunan jaringan listrik PLN. Dua desa yang mengusulkan jaringan listrik PLN itu yakni Desa Rantau Mapesai dan Desa Sungai Beringin.

Di dua desa itu sambungnya, pengusulan jaringan listrik PLN untuk menjangkau warga yang tinggal di tingkat dusun. Bahkan usulan tersebut dinilai sangat penting untuk warga yang tinggal dalam Kecamatan Rengat.

“Rata-rata jarak jaringan listrik yang diusulkan, sepanjang 1 Kilometer,” ungkapnya.

Sementara saat ini, warga yang belum terjangkau jaringan listrik PLN, masih menggunakan mesin diesel. Bahkan, diantaranya juga ada yang masih menggunakan pelita.

Lebih jauh disampaikannya, selain mengusulkan pembangunan jaringan listrik PLN, masyarakat di Desa Sungai Beringin juga mengusulkan pembangunan drainase.

“Hal ini diusulkan masyarakat, karena ketika musim hujan bisa berdampak banjir,” ujarnya.

Untuk itu katanya, dari sejumlah usulan tersebut akan ditindak lanjuti dengan instansi terkait terutama dengan pihak PT PLN UP3 Rengat.

“Mudah-mudahan usulan pembangunan jaringan listrik ini, sejalan dengan program PLN UP3 Rengat,” harapnya. (man)

  • Bagikan