Simulasi Pelaksanaan Pilkades Serentak Kabupaten Inhu Secara Resmi Dibuka

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Bertempat di Aula Kantor Kepala Desa Seresam Kecamatan Seberida Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) hari ini acara pelaksanaan simulasi Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) serentak tahun 2021 resmi dibuka, Kamis (29/07/2021).

Acara pembukaan dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi SE dan dihadiri oleh Plt Kepala Dinas (Kadis) PMD (Pemberdayaan Masyarakat Desa) Riswidiantoro SE, Camat Seberida Roma Doris, S.S, MPS., M. Eng, Kapolsek Seberida AKP Hendri Suprapto, Danramil Seberida Kapten Inf P. Situmorang, dan Pj. Kepala Desa (Kades) Seresam Drs. Safril Z.

Selaku panitia kabupaten pelaksanaan pilkades serentak Tahun 2021, Riswidiantoro SE dalam sambutannya menyampaikan bahwa, pelaksanaan Pilkades Kabupaten Inhu Tahun 2021 mengacu pada empat dasar hukum yaitu UU nomor 6 Tahun 2014 tentang desa, Permendagri nomor 112 Tahun 2014 tentang pemilihan kepala desa yang telah dirubah dengan aturan Permendagri nomor 72 Tahun 2020, Perda nomor 1 Tahun 2019.

“Dan Peraturan Bupati nomor 40 Tahun 2019 sebagaimana yang telah dirubah dengan Peraturan Bupati nomor 3 Tahun 2021 tentang Penerapan Protokol Kesehatan Pencegahan Penyebaran Wabah Covid-19 dalam Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa,” paparnya.

Lebih lanjut Riswidiantoro SE melaporkan bahwasannya pelaksanaan simulasi pemungutan dan perhitungan suara pilkades merupakan step terakhir dalam tahapan persiapan pelaksanaan Pilkades.

Dijelaskannya, simulasi akan dilaksanakan sebanyak tiga kali. Simulasi pertama sekaligus pembukaan yang dilaksanakan pada hari ini yang mana simulasi dilaksanakan secara indoor, Simulasi kedua akan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 5 Agustus 2021 di Desa Petalongan Kecamatan Pasir Penyu yang dilaksanakan secara outdor, dan simulasi terakhir akan dilaksanakan di Desa Bukit Selanjut Kecamatan Kelayang.

Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi SE dalam sambutannya menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh panitia dan pihak-pihak terkait yang telah menyelenggarakan simulasi pemilihan kepala desa tahun 2021.

Dalam arahannya, Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi, SE berharap setiap tahapan pelaksanaan pilkades serentak dapat berjalan dengan lancar, aman dan damai.

Bupati juga mengajak kepada semua elemen masyarakat, calon kepala desa, dan seluruh panitia yang bertugas, untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan melakukan 4M yaitu menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, dan menjauhi kerumunan.

“jangan sampai nanti ada cluster baru pada tahapan pilkades ini.” terangnya.

Menutup rangkaian acara pembukaan simulasi pilkades serentak Tahun 2021, Bupati Inhu meminta kepada seluruh calon kepala desa, simpatisan, seluruh masyarakat kabupaten Inhu dan juga panitia pelaksanaan Pilkades untuk bersikap professional dalam setiap tahapan pelaksanaan pilkades.

“Mari kita jadikan Pilkades ini sebagai sebuah proses demokrasi yang menyejukkan demi mewujudkan hasil Pilkades yang kita cita-citakan yaitu Kepala Desa yang berkomitmen penuh untuk memajukan dan mensejahterakan desa” tutup Bupati. (man)

  • Bagikan