Wabup Pimpin Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Karhutla Inhu

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Bertempat di Lapangan Mapolres Indragiri Hulu (Inhu) jalan Ahmad Yani Rengat, digelar apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Inhu, Jumat (01/04/2022).

Apel ini dipimpin oleh Wakil Bupati Inhu Drs H Junaidi Rahmat M.Si dan dihadiri oleh Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi SE, turun hadir Kapolres Inhu AKBP Bachtiar Alponso S.Ik, MH dan Ketua PN Rengat dan segenap Forkompinda lainnya serta Kepala KPBD Inhu Ergusfian S.Sos.

Gelar apel kesiapan penanganan karhutla merupakan tindak lanjut apel siaga darurat bencana kebakaran hutan dan lahan tingkat provinsi Riau pada tanggal 31 Maret 2022.

Dalam amanatnya, Junaidi Rachmat menyebutkan bahwa Kabupaten Inhu merupakan salah satu daerah di Provinsi Riau yang rentan terjadinya bencana Karhutla.

Junaidi berharap agar seluruh elemen dan stakeholder terkait dituntut untuk siap siaga untuk menghadapi dan menanggulanginya. Tidak hanya upaya pencegahan yang dilakukan, harus ada komitmen serta kesadaran seluruh komponen masyarakat.

“Saya mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar, dan berpartisipasi untuk melaporkan setiap kebakaran hutan dan lahan yang terjadi kepada perangkat desa, tokoh masyarakat serta aparat keamanan terdekat,” katanya.

Lebih jauh disampaikannya bahwa dukungan penuh diberikan pemerintah daerah atas segala upaya-upaya yang dilakukan dalam rangka pencegahan termasuk melalui patroli terpadu baik antara TNI, Polri, KPBD, Kecamatan, Desa/kelurahan serta perusahaan yang ada di Inhu.

“Saya harap koordinasi dan kerjasama yang sudah terjalin dapat terus kita tingkatkan sehingga pencegahan dan penanganan terhadap kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Inhu akan semakin efektif.” tutupnya.

Terakhir Bupati dan wakil Bupati Inhu melakukan pengecekan alat-alat pendukung dalam upaya penanganan karhutla serta melakukan Pemusnahan barang bukti miras dan petasan serta knalpot racing atau bronk hasil giat cipkon menjelang Ramadhan 1443 H. (man)

  • Bagikan