Mahasiswa Kukerta Integrasi Teratak UNRI 2022 dan Masyarakat Antusias Hadiri Tabligh Akbar Tahun Baru Islam 1444 H Desa Teratak

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RUMBIOJAYA – Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1444 H, Desa Teratak mengadakan acara Tabligh Akbar dan Zikir Bersama di Masjid At-Thoyyibah, Dusun 4 Pasubilah Timur, Desa Teratak, Kabupaten Kampar.

Acara ini turut dihadiri oleh Pejabat Bupati beserta rombongan, tokoh agama, tokoh masyarakat dan mahasiswa KKN Integrasi UNRI Desa Teratak 2022 pada Jum’at malam (19/08/2022) lalu.

Acara ini dihadiri langsung oleh Bapak Dr. H. Kamsol selaku PJ Bupati Kampar, Kepala Desa Teratak Bapak Etak Murlizar S.Sos, M.I.Kom, Anggota DPRD Kampar Zulfan Azmi ST, MT, Ketua Masyarakat Kampar Jakarta M. Munazir, Kadis Lingkungan Hidup Aliman Makmur, Kadis Kesehatan dr. Zulhendra Das’at, Kadis Pemadam Kebakaran dan Keselamatan Arizon SE, Kepala Kesabangpol Mahadi, Camat Rumbio Jaya Ramzi S.Pd, M.Si, Kapolsek diwakili IPDA Taufik dan Kapuskesmas Rumbio Jaya Ade Mulianti beserta masyarakat Desa Teratak.

Acara tabligh akbar peringatan tahun baru islam ini juga dihadiri beberapa tokoh agama diantaranya Ustadz Maruli Hasibuan SH, MH, Ustadz Muhtaz MM, Ustadz Nazarudin S.Ag.

Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, dilanjutkan dengan kata sambutan oleh pengurus masjid. Ia mengucapkan rasa terima kasihnya atas kehadiran tamu undangan di Masjid At Thoyyibah dan memohon maaf atas kekurangan sarana dan prasarana yg disediakan masjid.

“Terimakasih bapak, ibu dan tamu undangan sekalian yang telah hadir di Masjid At Thoyyibah yang kita cintai ini dan Saya memohon maaf atas kekurangan sarana dan prasarana yang ada di masjid ini,” ucap Kepala Desa Teratak Etak Murlizar dalam sambutannya.

Ucapan terimakasih juga disampaikan atas kedatangan tamu undangan di Masjid At-Thoyyibah khususnya kepada Bapak Bupati Kampar karena merupakan kunjungan pertama oleh Bupati Kampar.

“Selamat datang dan semoga Bapak Bupati selalu berkenan untuk datang ke Desa Teratak,” sambungnya.

Beliau juga menyampaikan situasi terkini terkait jalan di Dusun 3 dan 4 Desa Teratak yang terus dilakukan semenisasi ulang sehingga beliau menyampaikan permohonan untuk melakukan pengaspalan jalan guna efektivitas sarana transportasi desa.

Selanjutnya, Pj Bupati Kampar Dr Kamsol menyampaikan sambutannya mengenai pemulihan perekonomian daerah usai dilanda pandemi Covid-19.

“Kampar merupakan salah satu daerah yang terus maju dalam pendidikan dan pembangunan, bahkan selama krisis moneter 1997, dan hal ini tidak lepas dari kontribusi masyarakat yang terus kompak,” ujarnya.

Bersamaan dengan HUT RI dengan jargonnya ‘Pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat’, dengan segala permasalahan seperti covid 19, kita Indonesia dapat bertahan dan berkembang di tengah pandemi ini.

“Saya berharap kita dapat bekerja sama membangun perekonomian Kabupaten Kampar menjadi lebih maju dan memiliki pendapatan dari sektor milik daerah. Saya juga berharap semoga para penerus bangsa, anak muda kita rajin belajar agar kedepannya dapat membantu membangun negeri kita bersama,” ucapnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan ceramah agama oleh Ustadz Maruli Hasibuan SH, MH yang menyampaikan arti tahun baru islam untuk kita umat manusia.

“Makna tahun baru islam salah satunya adalah bertambahnya umur, walaupun banyak musibah yang harus dilewati, pasti ada banyak kenikmatan di dalamnya,” ujarnya.

Seperti halnya kita di Teratak, Kampar, dengan segala fasilitas sarana dan prasarana yang tersedia, salah satunya dalam kemudahan beribadah. Oleh karena itu, kita haruslah mensyukuri semua nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

“Di tahun yang baru ini, sebaiknya kita perbanyak taubat kepada Allah SWT, walaupun banyak salah dan dosa kita, yakinlah bahwa Allah memberikan ampunan kepada kita semua,” jelasnya.

Selanjutnya, beliau menyampaikan kekagumannya pada masyarakat, terkhusus anak-anak di Teratak yang berbondong-bondong datang meluangkan waktunya untuk hadir di Masjid At-Thoyyibah memperingati tahun baru islam.

“Saya berharap semoga anak-anak di Teratak menjadi generasi yang berakhlak baik. Jika baik akhlaknya, maka baik negaranya. Jika rusak akhlaknya, maka rusak juga negaranya” ungkap beliau dalam tausiah agamanya.

Setelah acara usai, Kepala Desa secara khusus mengundang pemuda dan mahasiswa Kukerta Integrasi Teratak 2022 yang menjadi panitia acara untuk makan malam bersama dan mengucapkan terimakasih atas partisipasinya dalam menyukseskan acara tabligh akbar ini. (man)

  • Bagikan