Pemkab Meranti Ikuti Rakor Inflasi 2023

  • Bagikan

Kepulauan Meranti – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Randolph, WH mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi tahun 2023 bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) secara daring di ruang rapat Melati Kantor Bupati, Senin (15/5/23).

Rakor reguler rutin mingguan tersebut dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, didampingi Sekretaris Utama Badan Pangan Nasional (Bappenas), Dr. Sarwo Edhy, Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Iklim Usaha dan Hubungan antar Lembaga, Syailendra.

Mendagri menyampaikan pengendalian inflasi memperlihatkan hasil yang positif dan relatif baik. Pasalnya, berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS) per 2 Mei 2023, angka inflasi bulan April 2023 hingga saat ini masih bertahan sebesar 4,33 persen.

“Kita akan terus konsisten untuk memonitor dan mengevaluasi serta mengantisipasi agar inflasi tetap terkendali,” kata Tito.

Katanya, perkembangan inflasi berdasarkan kelompok pengeluaran terdapat inflasi yang cukup besar, yakni transportasi diangka 11,96 persen kemudian makanan, minuman dan tembakau diangka 4,58 persen, begitu juga inflasi perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga diangka 2,53 persen.

“Diharapkan masing-masing kepala daerah untuk terus melakukan upaya-upaya dalam rangka menjaga Inflasi. Sinergi pemerintah pusat dan pemerintah daerah sangat diperlukan guna kesiapsiagaan dalam menghadapi krisis pangan, krisis energi dan krisis keuangan,” harapnya.

Sementara itu, Randolph menerangkan Pemkab Kepulauan Meranti terus melakukan inovasi strategis dalam mempertahankan ketersedian pangan, melakukan monitor, evaluasi dan intervensi guna mendorong kerjasama antar daerah.

“Kita akan terus melakukan upaya untuk mempertahankan ketersediaan pangan dan melakukan monitoring dan evaluasi bersama,” pungkas Randolph.

Penulis: Muhammad Fadhil Akbar
  • Bagikan