Komisi IV DPRD Riau Terima Kunjungan Komisi III DPRD Kabupaten Indragiri Hulu

  • Bagikan

Pekanbaru (riaudetil.com) – Komisi IV DPRD Provinsi Riau menerima kunjungan Komisi III DPRD Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), dalam agenda studi banding terkait pengawasan dan pengelolaan air limbah pabrik kelapa sawit di Kabupaten Inhu, di Ruang Rapat Komisi IV DPRD Provinsi Riau, Kamis (25/2/2021).

Kegiatan yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Riau Dani, M. Nursalam, yang didampingi Anggota Komisi IV Mardianto Manan. Sementara dari Komisi III DPRD Kabupaten Inhu dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Masyrullah, Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Inhu lainnya serta perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup dan kehutanan (DLHK) Provinsi Riau.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Inhu Masyrullah mengungkapkan bahwa kondisi yang terjadi di Kabupaten Inhu membuat masyarakat resah, hal itu dikarenakan adanya bocoran limbah pabrik kelapa sawit disekitaran sungai yang akhirnya membuat ikan-ikan mati.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Riau Dani M. Nursalam menghimbau agar perusahaan-perusahaan yang berproduksi di Provinsi Riau wajib menjaga lingkungan terutama dalam pengelolaan limbah pabrik.

Hal senada juga diungkapkan anggota komisi IV Mardianto Manan, dimana Dinas DLHK Provinsi Riau harus aktif dalam menertibkan masalah-masalah limbah dan lainnya. lebih lanjut ia juga menjelaskan jika DPRD berfungsi sebagai pengontrol bukan eksekutor.

“Panggil pengurus pabriknya minta surat ijin pengelolaan pabriknya dan ikut sertakan DLHK Provinsi Riau agar pemersalahan ini bisa diatasi,” tutupnya. (rik)

  • Bagikan