Disparbudpora Pelalawan Gulirkan Wacana Kembalikan Fungsi Taman Publik krea‎tif Pangkalan Kerinci 

  • Bagikan
Pangkalan Kerinci,Riaudetil.com – Dinas Pariwisata kebudayaan Pemuda dan Olahraga (disparbudpora) Kabupaten Pelalawan mulai menggulirkan wa‎cana untuk mengembalikan Taman Publik Kreatif Pangkalan Kerinci yang berada di depan Kantor Bupati Pelalawan.
Hal ini diungkapkan Andi Yuliandri,S.Kom Kepala Dispadbudpora Kabupaten Pelalawan kepada RDC,Senin (1/5/2017).Menurutnya,Taman Publik Kreatif punya potensi untuk dihidupkan sebagai lokasi alternatif bagi keluarga,anak muda dan semua warga.
” Dari namanya juga sudah jelas Taman Publik Kreatif,jadi ditempat ini selain sebagai tempat menunjukkan kreasi dan bakat juga bisa menjadi lokasi pengembangan ekonomi kreatif.Jadi perlu ada komitmen untuk dapat mengembangkan lokasi ini sehingga ada aktfitas setiap harinya. Berbeda dengan sekarang yang dinilai tak ada kegiatan dan hanya diperuntukkan pada acara – acara atau moment tertentu seperti pelaksanaan Pelalawan Expo atau MTQ saja,” paparnya.
Padahal disinii dapat dibuat panggung seni bagi seluruh warga yang ingin menunjukkan bakat dan kreatifitas baik dari kalangan pelajar,mahasiswa,ibu – ibu dengan rebananya dan lain sebagainya yang bisa ditampilkan. ” Kita bisa atur waktu penampilannya sehingga ada aktifitas di Taman Publik Kreatif.Begitu juga diatur lokasi jajanan dan kuliner dan sebagainya yang dikembangkan melalui program Ekonomi kreatif. Tempat bermain anak – anak,tempat anak muda seperti bermain sepatu roda ataupun skateboard.Begitu juga tempat parkir,” ujarnya.
Memang disambung Andi,bahwa Taman Publik Kreatif masih wewenangnya PU.Tentunya,sangat didorong dapat memperindah dan mempercantik lookasi ini. ” Beda kalau tempat ini sudah diserahkan kepada disparbudpora.Untuk mewujudkan wacana pengembangan lokasi ini b utuh dukungan semua pihak. Kalau ini terwujud tentu dapat menjadi tempat alternatif bersantai atau tempat kumpul – kumpul bagi warga.perekonomian akan bergerak,selain itu pengembangan bakat dan kreasi dapat dipertontonkan.Kita disparbudpora punya peralatan sound system lengkap untuk bisa stanby dilokasi.Anggotapun bisa Kita tempatkan disitu,” ujarnya.
Untuk mwujudkan ini semua,lanjut Andi dibutuhkan komitmen bersama.Taman Publik Kreatif dinilai sangat strategis berada di depan Kantor Bupati dan berdekatan pula dengan Kantor DPRD Pelalawan. ” Lokasinya sangat luas dan dapat diatur peruntukannya. Daripada saat ini lokasinya dimalam hari dan gelap dan mengundang hal – hal yang tidak diinginkan.Memang lokasi ini cukup menjadi magnet bagi warga terutama para pemuda.banyak yang joging dan olahraga begitu juga anak – anak muda yang nongkrong.Tentu jika Taman Publik Kreatif ini dikelola dengan baik akan dapat lebih ‎bermanfaat bagi warga kedepannya,” ujarnya.
Ditambahkan Andi, memang butuh komitmen bersama dalam menghidupkan lokasi Taman Publik Kreatif.Butuh sentuhan dan penambahan – penambahan pembangunan diareal lokasi untuk dapat memenuhi sarana dan prasarana yang dibutuhkan. ” Contohnya saja mengganti pavingblock dengan granit,pembangunan air mancur,panggung utama yang lebih representative dan lain sebagainya. Tentu Kita akan intens melakukan koordinasi dengan semua pihak tak terkecuali juga perusahaan – perusahaan.Semoga hal ini tidak hanya sekedar wacana namun tetap kembali kepada komitmen bersama serta dukungan yang diberikan,” tukasnya. (ZoelGomes)

  • Bagikan