Festival Hari Anti Korupsi Internasional akan Berikan Tempat Untuk LHKPN

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, PEKANBARU – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan Festival Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI) digelar di Provinsi Riau, 8-10 Desember 2016 membuka layanan bagi pejabat yang membuat Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

“LHKPN akan buka stand layanan pelaporan saat pameran, jadi jangan malu-malu,” kata Deputi Komisi Pencegahan Korupsi RI Anto Ikayadi di Pekanbaru, Sabtu (19/11).

Menurut Anto Ikayadi, layanan LHKPN ini dibuka untuk memudahkan para pejabat yang datang dan belum melakukan pelaporan atas hartanya, dapat memanfaatkan hal tersebut. Karena pada dasarnya prosesnya sama saja dengan yang biasa dilakukan. Hanya ini bedanya dilayani pada acara pameran.

“Jadi tidak ada yang perlu ditakutkan jika memang kita jujur,” katanya lagi, sebagaimana dilansir dari Antarariau.com.

Anto juga menjelaskan layanan lainnya yang tidak kalah bagusnya adalah pihaknya akan menggelar lelang barang grafitasi untuk umum. “Akan ada lelang barang-barang gratifikasi pada satu stand nanti,” kata Anto.

Ia menjelaskan barang yang akan dilelang, biasanya peninggalan bersejarah, walau ia tidak tahu pastinya seperti apa, karena yang akan menyediakan pihak Direktorat Jendral Kekayaan Negara (DJKN).

Ia menambahkan dalam kegiatan HAKI nanti akan melibatkan berbagai pihak mulai dari Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, Swasta dan Kalangan Komunitas.

“Untuk Hari Anti Korupsi Internasional akan menampilkan expo. Juga pameran budaya integritas, biasanya yang ikut pembangunan integritas nasionaln,” terangnya.

Disamping itu, Anto juga mengatakan? dalam perayaan HAKI Pemprov Riau sudah berkomitmen untuk tidak memungut anggaran dari pihak manapun.

Acara ini juga tidak meminta biaya apapun dari pihak manapun, melainkan hanya meminta partisipasi pihak terkait akan acara anti korupsi itu.

“Perayaan HAKI ini apa adanya saja. Mana yang ada, kalau tidak ya, tidak. Kita tidak menuntut banyak. Makanya melibatkan semua pihak dalam kegiatan ini,” ucapnya lagi.

Sebelumnya diberitakan Provinsi Riau dipercaya KPK RI menjadi tuan rumah dalam iven peringatan Hari Anti Korupsi 2016 yang akan dilaksanakan pada 8-10 Desember 2016, bertempat di Jalan Gadjah Mada, Pekanbaru.

Pemerintah Provinsi Riau sejauh ini sudah berbenah dan siap sebagai tuan rumah. Tema Hari Anti Korupsi Internasional 8-10 Desember 2016 adalah “Bersih Hati, Tegak Integritas, Kerja Profesional untuk Indonesia Tangguh”. (*/Sep)

  • Bagikan