Jemput Asprirasi Masyarakat, Kapolda Riau turun ke Kabupaten Pelalawan

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, PELALAWAN – Selepas Sholat subuh berjamaah sekira pukul 07.00 WIB, Masjid Al Azhim di Jalan Batu Ampar Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan menjadi tempat dialog antara Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal dan masyarakat Pelalawan, Jumat,(5/1/2024),

Acara ini dihadiri oleh para Pejabat Utama (PJU) Polda Riau, Kapolres Pelalawan, serta beberapa tokoh masyarakat Kabupaten Pelalawan.

Masyarakat menyampaikan beragam keluhan dan aspirasi terkait situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah mereka.

Salah satu masyarakat bernama Alim Toha dari Kecamatan Langgam mengutarakan kesulitan akibat tingginya debit air, memohon bantuan kemanusiaan dan transportasi penyeberangan.

Sementara warga bernama Zulkilfi membahas kemacetan lalu lintas di pangkalan Kerinci dan meminta penjelasan terkait jam kerja Anggota Polri.

Kapolda Riau memberikan tanggapan dengan jelas dan tegas.

“Saya perintahkan seluruh kapolres untuk memberikan bantuan kemanusiaan apabila terjadi bencana di daerahnya,” ujarnya.

Kepada instansi terkait, serta satker polda seperti Dir Samapta, Dansat Brimob dan Dir Pol Airud, dipinta untuk memantau situasi di Kecamatan Langgam terkait tingginya debit air.

“Apabila debit air meningkat maka segera turunkan Personil di lokasi tersebut,” tegasnya

Terkait jam kerja, Kapolda menjelaskan “pola tugas Anggota Polri yang responsif terhadap situasi namun apabila situasi tidak normal maka kami bisa turun kapan saja bahkan tidak pulang sekalipun”

Selain itu, Kapolda juga mengingatkan para pejabat di tingkat lokal untuk meningkatkan pelaksanaan tugas, terutama kepada Kapolres agar lebih fokus dalam pelayanan masyarakat.

Tanggapan terkait laporan atau pengaduan masyarakat juga disampaikan dengan jelas.

Masyarakat diberitahu bahwa mereka dapat melaporkan keluhan terkait disiplin dan kewenangan Anggota Polri kepada Fungsi Propam, Pengawas, dan SPRI.

Dalam kegiatan tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan konkret, termasuk bantuan kemanusiaan untuk wilayah terdampak banjir, peningkatan patroli di wilayah rawan kemacetan, dan tindakan tegas terhadap gangguan Kamtibmas.

“Diharapkan sinergi antara masyarakat dan kepolisian akan semakin kuat, menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Pelalawan,” tutupnya. (man)

  • Bagikan