Polda Riau Taja Diskusi Panel Pemilu Damai 2024

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, PEKANBARU – Polda Riau Taja kegiatan diskusi panel wujudkan pemilu tahun 2024 yang damai aman dan kondusif di Provinsi Riau, yang digelar di Hotel Pangeran, Pekanbaru, Selasa (28/2/2023) kemarin.

Diskusi Panel ini di ikuti Kaban Kesbangpol Riau, Jenri Salmon Ginting dan beberapa pihak terkait dan dibuka langsung oleh Wakapolda Riau, Brigjen Pol Kasian Rahmadi.

Wakapolda menjelaskan, diskusi digelar untuk mengurai permasalahan seputar keamanan dalam penyelenggaraan Pemilu 2024, sekaligus menyamakan persepsi tentang peran semua stakeholder yang terlibat.

Agar diskusi panel ini mengena, panitia menghadirkan sejumlah pembicara terkait seperti Ketua Bawaslu Riau Alnofrizal, Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir dan Karo Ops Polda Riau, Kombes Pol R Kasero Manggolo, serta Kaban Kesbangpol Riau Jenri Salmon Ginting

Selain itu, turut hadir undangan lainnya seperti Dir Intelkam Polda Riau, perwakilan Forkompimda Riau, ketua partai se-provinsi Riau, Bupati dan ketua partai seluruh Kabupaten dan Kota serta personil jajaran Dit Intelkam Polda Riau.

“Ada tiga elemen untuk mewujudkan pemilu yang aman tertib dan kondusif tahun 2024 mendatang,” kata Wakapolda mengawali kata sambutannya.

Memulai diskusi, Wakapolda menyampaikan, terkait regulasi di dalam pemilu apakah memasang foto apakah itu sudah masuk dalam kampanye.

Selanjutnya, apakah menggelar sosialisasi dengan membawa bendera dan nomornya apakah itu sudah masuk aturan pemilu dan sebagainya.

Kedua, sambung Wakapolda, apakah harus ada sebuah persiapan dan persamaan persepsi baik itu KPU nya maupun peserta pemilunya dan terutama kesiapan dari kepolisian.

Lanjut Wakapolda, bagaimana cara konsisten mengajak masyarakat dalam mengikuti pemilu yang baik dan benar, baik kesiapan dari kontestan.

“Saya berharap kita semua bisa berkontribusi dalam menciptakan situasi yang aman, damai, dan kondusif dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang,” harap Wakapolda.

Maka dari itu, Wakapolda menyampaikan, persamaan persepsi tentang peran masing-masing merupakan ikhtiar untuk mengurai permasalahan seputar keamanan dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

Kepada seluruh pembicara dan undangan, Wakapolda mengatakan, pentingnya pemahaman bersama untuk menyikapi masalah Pemilu baik itu pelanggaran tahapan maupun sengketa hasil,

“Diskusi panel ini untuk menyelesaikan permasalahan melalui kanal yang tersedia sesuai Undang-undang,” ucap Wakapolda.

Terakhir, Wakapolda menekankan, agar pemilu di 2024 terlaksana dengan aman perlu adanya kewajiban kontribusi semua pihak seperti TNI-Polri, Penyelenggara dan peserta pemilu serta seluruh stakeholder memberikan informasi yang lengkap, cepat dan akurat kepada masyarakat. (man)

  • Bagikan