Gubri Dan Bupati Rohil Taburkan 10 Ribu Ekor Jenis Ikan Air Tawar di Sungai Bangko

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, ROKAN HILIR – Selama puluhan tahun lamanya tersumbat, aliran sungai Bangko yang berada Kecamatan Bangko Pusako Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) akhirnya dilakukan normalisasi untuk mengurangi dampak banjir.

Jum’at (12/11/2021) Gubernur Riau Syamsuar bersama Kajati Riau Jaja Subagja didampingi Bupati Rohil Afrizal Sintong dan Wakil Bupati H Sulaiman melakukan peninjauan terhadap normalisasi itu di Dusun Pematang Semut Desa Bangko Pusaka.

Pada saat peninjauan tersebut, Gubernur Riau Syamsuar dan rombongan menaburkan 10 ribu ekor berbagai macam jenis benih ikan air tawar di Sungai Bangko itu. Selain itu, sebanyak 3000 tanaman buah juga dibagikan kepada masyarakat Bangko Pusako.

Dalam pidatonya, Gubernur mengungkapkan adanya normalisasi ini berdasarkan hasil rapat dengan seluruh perusahaan perkebunan yang ada di Riau untuk bersama membantu pemerintah melakukan normalisasi seluruh sungai yang ada.

“Alhamdulillah alat berat sudah sampai, sekarang sudah mulai bekerja, kepada masyarakat mari kita sama-sama bantu pemerintah daerah agar apa yang jadi kesulitan masyarakat dapat kita atasi bersama,” ucap Syamsuar.

Atas adanya bantuan normalisasi tersebut, Wakil Bupati H Sulaiman mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Riau yang selalu memberikan perhatian kepada Kabupaten Rohil.

Melihat kondisi salah satu desa tertua di Rohil itu, Wabup mengatakan akan memperhatikan desa itu. Apalagi masih banyak penduduk asli yang masih tergantung sebagai nelayan mencari ikan di sungai Bangko

“Untuk kedepannya InsyaAllah akan jadi prioritas pembangunan kami Kedepannya, kami Pemda akan perhatikan dari segi infrastruktur dan lainnya,” sebut Sulaiman.

Alfian, salah satu nelayan sungai Bangko berharap agar Sungai Bangko itu bukan hanya sekedar di normalisasi kali itu saja. Akan tetapi setiap tahun bisa terus dilakukan pembersihan agar tidak tersumbat lagi.

“Sungai Bangko dulunya sangat jernih bisa diminum airnya pak gubernur, kami harap walaupun tidak seperti dulu bisa dikembalikan 69 persen saja kami sudah sangat bersyukur,” harap Alfian.

Turut hadir dalam acara itu, Kepala Balai Wilayah Sungai Syahril, Kajari Rohil Yuliarni Appy, Kapolres Nurhadi Ismanto dan Dandim 0321 Agung Rakhman Wahyudi, Kepala OPD, dan tokoh masyarakat.Ujar nya.( Rico )

  • Bagikan