Polsek Kuala Cenaku Amankan Pelaku Pembakaran Lahan

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM,RENGAT – Kepolisian Sektor (Polsek) Kuala Cenaku, Kabupaten lndragiri Hulu (lnhu) mengamankan seorang pelaku tindak pidana pembakaran lahan dan hutan (Karlahut) pada Jumat (12/7/2019).

Sekira pukul 16.00 WIB di dapat informasi melalui Bhabinkamtinmas bahwa telah terjadi kebakaran lahan di Sp. 2 Desa Rawa Sekip. 

“Kemudian Kapolsek beserta Kanit Reskrim dan 5 orang anggota menuju TKP dan benar  menemukan Kebakaran lahan,” kata Kapolres Inhu AKBP Dasmin Ginting S.Ik melalui  PS Paur Humas Aipda Misran, Senin (15/7/2019).

Lahan yang terbakar tersebut adalah tanah yang ada tanaman kelapa sawit dengan luas lebih kurang tiga Ha. 

“Pemadaman dilakukan oleh warga masyarakat sebanyak 20 orang, personil Polsek Kuala Cenaku sebanyak lima orang dan dari pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) 15 orang,” jelasnya.

Kemudian Kapolsek Kuala Cenaku memerintahkan Unit Reskrim melakukan lidik siapa pelaku pembakaran lahan, dan diketahui bahwa pelaku pembakaran lahan adalah Sdr. Pujo Sugiono (33) warga Desa Rawa Sekip, Kecamatan Kuala Cenaku.

“Lalu dilakukan penangkapan terhadap tersangka oleh Unit Reskrim Polsek Kuala Cenaku dirumahnya.Pada saat ditangkap tersangka tidak melakukan perlawanan,” paparnya.

Kemudian tersangla dibawa ke Polsek Kuala Cenaku untuk diinterogasi, berdasarkan keterangan pelaku diketahui bahwa dirinya melakukan pembakaran sejak Kamis (11/7/2019) sekitar pukul 09.00 WIB.

Awalnya dia melakukan pembakaran terhadap sampah, dedaunan, ranting  di kebun tersebut untuk rencananya mau menanam kacang kedelai, kemudian setelah sore hari memadamkan api tersebut.

“Kemudian pada Jumat sekira pukul 09.00 Wib Pelaku kembali melakukan pembakaran sampah, dedaunan, ranting dilahan tersebut,” terangnya lagi.

Kemudian sekira pukul 11.00 WIB, pelaku pulang untuk sholat Jumat, sekira pukul 14.00 Wib ketika dia kembali ke kebun, karena cuaca panas dan angin kencang serta tanah yang terbakar adalah jenis gambut, maka  api sudah besar dan tidak terkendali.

“Api menjalar membakar areal kebun sekitar 3 hektar yang menimbulkan kobaran api dan asap yang banyak,” tegasnya. (Man)

  • Bagikan