Ini dia Besaran Gaji – Tunjangan PNS di Indonesia

  • Bagikan

Riaudetil.com, Jakarta – Besaran gaji yang tetap dan sejumlah tunjangan PNS bisa jadi salah satu alasan banyaknya jumlah pelamar CPNS tahun ini. Tentu hal ini menunjukkan kalau profesi sebagai seorang PNS masih menjadi salah satu profesi yang diminati.

Bagaimana tidak? Berbagai uang tambahan diberikan sendiri di luar gaji pokok dan tunjangan. Besaran gaji pokok masih diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 tahun 2019, di mana golongan terendah tercatat Rp 1.560.800 hingga tertinggi Rp 5.901.200.

Besaran gaji PNS itu belum termasuk tunjangan yang diberikan. Mulai dari tunjangan istri, anak hingga kinerja. Tunjangan kinerja PNS lah yang menentukan berapa total penghasilan yang diterima setiap bulannya. Tunjangan kinerja ditentukan oleh peraturan Pemerintah di masing-masing Kementerian/Lembaga (K/L).

Selain itu, berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 60 Tahun 2021 tentang Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2022, PNS mendapatkan sejumlah tambahan lainnya. Salah satunya termasuk batas tertinggi dan estimasi untuk biaya paket data hingga uang lembur.

  • Bagikan