Ketua Komisi Kejaksaan RI Mengunjungi Jaksa Agung Muda Pidana Militer

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, JAKARTA – Pada Jumat 11 Maret 2022 pukul 08:00 WIB bertempat di Gedung Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Militer, Jaksa Agung Muda Pidana Militer Anwar Saadi menerima kunjungan Ketua Komisi Kejaksaan RI Dr. Barita Simanjuntak SH, MH, CFra, Sekretaris Komisi Kejaksaan RI Bambang Widarto SH, MH, Kepala Sekretariat Komisi Kejaksaan RI Tiyas Widiarto SH, M.H, Kepala Bagian Hubungan Antar Lembaga (Kabag Hubaga) Arichta Tarigan SH, MM, Ksb Iwan S.Kom SH dan Staf Khusus Rudi Pradsetia SH, MH.

Dalam kesempatan dirinya didampingi oleh Direktur Penindakan Brigjen Edi Imron, Direktur Penuntutan Agus Salim SH, MH, Direktur Eksekusi, Upaya Hukum Luar Biasa dan Eksaminasi Dr. Tanti Adriani Manurung SH, MH, Kepala Bagian Penyusunan Program, Laporan dan Penilaian Nur Handayani SH, MH dan Kepala Bagian Tata Usaha dan Pengelolaan, Pengamanan, dan Pengawalan Agung Mardiwibowo SH.

Dalam pertemuan dengan Ketua Komisi Kejaksaan RI, Jaksa Agung Muda Pidana Militer menyampaikan 7 (tujuh) program kerja Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Militer Tahun 2022.

Pertama, Penyusunan Perja tentang Petunjuk Teknis Administrasi Perkara Pidana Koneksitas, Kedua, Penyusunan Perja tentang Petunjuk Teknis Koordinasi Perkara dan Penanganan Perkara Pidana Koneksitas, Ketiga, Penyusunan Perja tentang Pendelegasian Sebagian Kewenangan Penuntutan Kepada Oditur Jenderal Untuk Melakukan Penuntutan.

Keempat, Publikasi dan sosialisasi tugas fungsi JAM-Pidmil, Kelima Diklat, IHT dan Penataran Kolaboratif, Keenam, Optimalisasi koordinasi antar lembaga dan Ketujuh, Koordinasi bidang personel untuk pengisian jabatan Asisten Pidana Militer (Aspidmil).

Jaksa Agung Muda Pidana Militer juga menyampaikan bahwa Kejaksaan RI telah menjalani Kerja Sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang telah ditandatangani Nota Kesepahaman antara Kejaksaan Republik Indonesia dan Tentara Nasional Indonesia Nomor KEP-070/A/JA/04/2018 dan Nomor Karma/17/IV/2018 tanggal 10 April 2018 tentang Kerjasama dalam Peningkatan Sumber Daya Manusia dan Peningkatan Profesionalisme di Bidang Penegakan Hukum.

Selanjutnya, Ketua Komisi Kejaksaan RI menyampaikan apresiasi atas kinerja dan langkah yang sangat baik dimana kita lihat kinerjanya positif dan baik sebab JAM-Pidmil ini belum lama berdiri namun sudah menjalankan fungsinya dalam penegakan hukum.

Dimana koordinasinya berjalan baik dimana asas dominus litis Jaksa maupun hal yang diatur dalam UU Peradilan Militer dan UU Kejaksaan disinergikan dan saling melengkapi, dan karena ditangani secara profesional dan fungsi koordinasi berjalan efektif, maka ada kemajuan.

“Kedepan ini akan semakin menguatkan penegakan hukum kita yang transparan, objektif dan berkeadilan,” ujarnya.

Jadi memang masih ada banyak hal yang perlu disempurnakan, misalnya pemahaman bersama tentang koneksitas, fungsi-fungsi koordinasi, dukungan SDM, dukungan sarana dan prasarana yang memadai, dan itu adalah bagian penting apa yang kita diskusikan.

Ketua Komisi Kejaksaan RI memberikan dukungan kepada penguatan JAM-Pidmil baik dari aspek teknis operasionalnya maupun dari yang berkaitan dengan Sumber Daya Manusia (SDM) dan karena JAM-Pidmil memiliki fungsi koordinasi, maka harus tentu diperkuat dengan SDM yang handal dalam melakukan fungsi itu.

“Intinya adalah apabila koneksitas, maka ada koordinasi penegakan hukum yang bersumber dari UU Kejaksaan dan UU Peradilan Militer,” ungkapnya.

Dikatakannya juga bahwa Kehadiran JAM-Pidmil adalah untuk mensinergikan keduanya dengan smooth dan lancar dimana ini harus diapresiasi karena pertama sekali kinerja yang ditunjukkan dalam hal positif.

“Kami juga mendiskusikan banyak hal untuk beberapa program yang akan dilakukan misalnya kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dan seminar guna membuka pandangan agar organisasi yang terbentuk ini berjalan dengan baik,” ujar Ketua Komisi Kejaksaan RI.

Pertemuan antara Jaksa Agung Muda Pidana Militer dan Ketua Komisi Kejaksaan RI dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan. (man)

  • Bagikan