Tahun Depan, Seluruh Jalan di Desa Sungai Dusun Inhil Sudah Mantap

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, INDRAGIRI HILIR – Pembangunan di desa-desa saat ini cukup menunjukkan kemajuan. Seperti halnya di Desa Sungai Dusun, Kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). Saat ini pembangunan demi pembangunan yang dilakukan pemerintah desa dengan menggunakan anggaran desa mulai ada kemajuan.

Pjs Kepala Desa Sungai Dusun, Edi Sasmita, mengatakan seluruh ruas jalan yang ada di desanya kini hanya tinggal sekitar 1 kilometer saja yang masih dalam keadaan belum layak. Tapi menurutnya, tahun depan seluruh jalan tersebut berkemungkinan dapat diselesaikan berkat dukungan dana yang besar.

“Insyaallah tahun depan akan kita kerjakan. Dengan dana yang kita miliki saat ini, mulai dari bantuan Pemkab Inhil melalui Program DMIJ-nya ditambah pula dengan bantuan pemerintah pusat, kami berkeyakinan sisa tersebut dapat kami selesaikan tahun depan, ” terang Kades Sungai Dusun, Edi Sasmita, kepada awak media, Sabtu (24/12/2016).

Begitu pula dengan jembatan penghubung di beberapa parit, dikatakan Edi, kini hanya tinggal satu jembatan yang belum permanen sehingga direncanakan tahun depan akan dibangun dengan beton.

“Tahun ini kita sudah bangun empat jembatan. Berarti tinggal satu lagi yang tersisa. Ini pun kita rencanakan akan dibangun tahun depan,” katanya.

Segala pembangunan yang sudah dilaksanakan tersebut, tidak dipungkiri telah membantu masyarakat desanya. Seperti jembatan, terangnya, dulu hampir setiap tahun harus diperbaiki seperti penggantian lantainya yang lapuk karena terbuat dari kayu.

“Kalau dulu memang harus begitu. Kita beberapa kali harus bergotong royong bersama masyarakat untuk melakukan perbaikan-perbaikan jembatan tersebut. Maklumlah, jembatan-jembatan tersebut sudah tua, jadi banyak kayunya yang sudah lapuk,” ujarnya.

Untuk itulah, kata Edi, seluruh masyarakat serta unsur pemerintahan di desa berharap agar bantuan-bantuan yang diberikan pemerintah seperti saat ini dapat terlaksana terus. Dengan begitu, sambungnya, tentu berbagai ketertinggalan pembangunan desa dapat terus dikejar hingga maju sejajar dengan tempat-tempat lainnya di Indonesia. (Ihsan)

  • Bagikan