Gandeng Diskominfo Inhu, KPID Riau Taja Workshop In House P3SPS

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Riau bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) melaksanakan Kegiatan Workshop In House Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS), Jum’at (25/06/2021).

Kegiatan ini sekaligus menghadirkan Pimpinan Lembaga Penyiaran baik TV maupun Radio Publik dan Swasta yang ada di Kabupaten Inhu.

“Menjadi suatu kebanggaan bagi kami karena kembali dipercaya oleh KPID Riau untuk membantu terlaksananya workshop ini,” ujar Kadis Kominfo Inhu Jawalter S, M.Pd dalam sambutannya sekaligus membuka acara.

Dari KPID Riau, hadir sebagai narasumber  Asril Darma, S.Si, M.Ikom, Widde Munadir Rossa, ST, dan Nopri Naldi, SE.

Dalam kegiatan ini, kembali ditekankan kepada Lembaga penyiaran aspek positif dari kebebasan media saat ini adalah terpenuhinya hak masyarakat untuk memperoleh transparansi informasi secara cepat dan mudah.

“Namun aspek kebebasan tersebut tidak boleh dijadikan sebagai alat Pembodohan masyarakat, tetapi sebaliknya harus dimanfaatkan untuk pemberdayaan masyarakat,” katanya

Sementara itu, Korbid Isi Siaran KPID Riau Asril Darma mengatakan bahwa insan penyiaran mengikat kepada P3SPS yang erat kaitannya dengan UU ITE, karena saat ini kita menghadapi tantangan karena masyarakat sulit membedakan ranah pribadi dan publik.

“Untuk itu, Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) hadir sebagai panduan Tentang batasan-batasan mengenai apa yang diperbolehkan dan atau tidak diperbolehkan berlangsung dalam proses pembuatan atau produksi program siaran,” paparnya.

Sementara itu, Standar program siaran (SPS) sendiri merupakan panduan tentang batasan apa yang dibolehkan dan atau yang tidak diperbolehkan untuk ditayangkan dalam program siaran.

Terakhir, Asril juga mensosialisasi program pemerintah tentang Migrasi TV Digital.

“Kita harapkan tidak ada lagi blankspot di Riau, dan semua dapat merasakan Siaran TV Digital” tutur Asril. (man)

  • Bagikan