UR yang tergabung dalam Tim Relawan Covid-19 Kecamatan Kampa melakukan Pembagian Hand Sanitizer dan Poster New Normal 

  • Bagikan
RIAUDETIL.COM,KAMPAR – Mahasiswa Universitas Riau (UNRI) yang tergabung dalam Tim Kukerta Relawan Desa Lawan Covid-19 Kecamatan Kampa, Kampar melakukan serangkaian kegiatan pencegahan penyebaran wabah covid-19. Tim Relawan Covid-19 Kecamatan Kampa yang terdiri dari 7 mahasiswa yang diketuai oleh M.Febri (FMIPA), Septi Devita Nova (FT), Eka Octaviani (FISIP), Neneng Afridawati (FKIP), Hafizah Salsabila Ali (FKIP), Nilma Sutri (FKIP), dan Misda Yanti (FKIP) melakukan kegiatan Pembagian Hand Sanitizer dan Poster New Normal di 7 Desa dari 9 Desa yang ada di Kecamatan Kampa. Kegiatan ini berlangsung 2 hari, yakni hari pertama Jumat (19 Juni 2020) dan Senin (22 Juni 2020).
Kegiatan Pembagian Hand Sanitizer dan Poster New Normal merupakan salah satu program kerja dari Tim Kukerta Relawan. Dimana, kegiatan ini merupakan kegiatan pendekatan mahasiswa kukerta kepada masyarakat guna menginformasikan masyarakat tentang pentingnya menerapkan protokel kesehatan di era new normal ini.
Kolaborasi dengan satgas kesehatan Puskesmas Kecamatan Kampa juga dilakukan guna mendiskusikan design poster edukasi new normal sebelum disebarkan ke Desa-Desa di Kecamatan Kampa. Desa-Desa yang telah diberikan poster new normal ialah: Desa Sawah Baru, Desa Pasar Kampar, Desa Sungai Tarap, Desa Tanjung Bungo, Desa Koto Perambahan, Desa Pulau Birandang, dan Desa Pulau Rambai.
Tak hanya itu, Tim Kukerta Relawan dari Kecamatan Kampa juga membagikan Hand Sanitizer kepada 4 titik yang menjadi target dalam pembagian hand sanitizer ini. Yakni SMA N 1 Kampar Timur, Kantor Camat Kecamatan Kampa, Kantor Desa Pulau Rambai, dan Kantor Desa Pulau Birandang. Tempat-Tempat tersebut menjadi sorotan untuk pembagian hand sanitizer karena tempat tersebut banyak melakukan aktifitas di tengah era new normal ini, dan untuk mencegah serta memutus mata rantai penularan Covid-19, Tim Kukerta Relawan Mahasiswa UNRI berinisiatif membagikan handsanitizer kepada tempat-tempat tersebut. Dan juga melihat keadaan sekarang banyak yang ingin menggunakan cara yang mudah sebelum masuk ke tempat-tempat ramai maka dengan penggunaanhand sanitizer yang bisa dibawa kemana-mana dan praktis menjadi cara yang bisa digunakan untuk memudahkan orang-orang menggunakannya.
Kegiatan yang berlangsung 2 hari ini menjadi agenda penting bagi Tim Kukerta Relawan Mahasiswa UNRI, karena dari kegiatan ini mahasiswa dapat membantu Camat serta satgas kesehatan Puskesmas dalam mensosialisasi new normal kepada masyarakat.
Pada hari pertama Jumat (19 Juni 2020) Tim Kukerta Relawan Kecamatan Kampa telah melakukan agenda membagian hand sanitizer kepada SMA N 1 Kampar Timur, dan Kantor Camat Kecamatan Kampa. Kegiatan pada hari Jumat tersebut tentunya disambut bak oleh pihak sekolah dan Kecamatan. Kegiatan ini juga menjadi kegiatan silaturahmi tim kukerta kepada tempat-tempat yang menjadi bagian dari Kecamtan Kampa tersebut.
Selanjutnya, pada hari Senin (22 Juni 2020) tim kukerta mahasiswa UNRI dari  Kecamatan Kampa melanjutkan kegiatan pembagian poster edukasi tentang New Normal kepada Desa-Desa di Kecamatan Kampa. Dimana 7 Desa dari kegiatan ini telah dibagikan poster tersebut. Dan juga menjalin silatuhrami kepada Desa-Desa yang ada di kecamatan Kampa.
Tak bosan-bosannya Tim Kukerta Relawan dari Kecamatan Kampa juga mensosialisasi dari kegaiatan new normal ini. Dimana menginformasikan masyarakat akan pentingnya menerapkan protokol keseehatan di era normal baru. Seperti selalu menggunakan masker sebelum masuk pasar, membiasakan diri untuk mencuci tangan dengan air mengalir maupun handsanitizer, dan juga tetap menjaga jarak yakni 1-2 m, serta mengingatkan masyarakat agar tidak berkumpul/bergerombolan. Serta mengingatkan masyarakat untuk selalu menjaga kebersian dan kesehatan juga menjadi bagian penting dari kegiatan ini.

Terakhir Pembagian Hand sanitizer dan poster new normal ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan bermanfaat bagi masyarakat di kecamatan Kampa. Mengingat akhir-akhir ini bertambahnya jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Kampar. Dan juga diharapkan masyarakat  dapat menerapkan protokol kesehatan saat beraktifitas di luar rumah. Dengan selalu mengingat informasi dari poster yang dibagikan, diharapkan dapat menggurangi dan memutus mata rantai penyebaran Covid 19.***(Humas UNRI)

  • Bagikan