Bupati HM Harris Hadiri HUT 25 Transmigrasi Desa Makmur

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, PELALAWAN – Bupati Pelalawan HM Harris menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Transmigrasi ke 25 di SP 6 Desa Makmur Pangkalan Kerinci , Sabtu (17/12) Malam.

Dalam acara yang dihadiri ribuan warga masyarakat ini, menampilkan berbagai hiburan kebudayaan seperti wayang dan lainnya. Namun karena kondisi cuaca hujan lebat beberapa acara terpaksa tidak dilaksanakan.

Bupati HM Harris dalam sambutannya menyatakan bersyukur akan adanya Transmigrasi di Desa Makmur.

“Kita sangat bersyukur, dua puluh lima tahun yang lalu kawasan Desa Makmur masih merupakan hutan yang sangat sepi. Akhir tahun 1999 Kabupaten Pelalawan dimekarkan, berbagai program pembangunan dilaksanakan seiring kebersamaan bersama masyarakat.
Alhamdulillah saat ini Desa Makmur berkembang pesat luar biasa”. Ungkap Bupati.

“Masyarakat di Desa Makmur terdiri dari bermacam suku, agama, golongan, dan lainnya, bahu membahu bersatu menatap masa depan untuk kemajuan”, ujar Harris yang hadir bersama Sekda Pelalawan T Mukhlis MSi, Kadiskes, Kadistamben, Kadisnakertrans, Anggota DPRD Saniman.

Diterangkan Bupati, bahwa pemerintah kabupaten Pelalawan menjalankan 7 Program strategis dalam melakukan pelayanan dan pembangunan untuk mencapai pembaharuan menuju kemandirian pemerintah daerah dan masyarakat tahun 2011 – 2016. Sedangkan untuk tahun 2016 – 2021 menuju Pelalawan EMAS (Ekonomi Mandiri Aman Sejahtera).

Di hadapan ribuan masyarakat yang hadir, HM Harris menyampaikan, bahwa kabupaten Pelalawan masuk dalam rencana kerja pemerintah pusat untuk pembangunan suatu techno Park.

Dan Kabupaten Pelalawan masuk dalam 5 kategori prioritas yang akan dibangun. Pembangunan tehnopark merupakan suatu kawasan pengembangan industri hilir sesuai potensi daerah kita kelapa sawit.

Kawasan Pendidikan yaitu perguruan tinggi, Riset untuk memadukan pendidikan dan industri dan berbagai hal peluang usah ada di dalamnnya.

Tentu masyarakat kabupaten Pelalawan sangat mendambakan segera dibangunnya kawasan tehnopark dan industry hilir kelapa sawit, karena dominan masyarakat kita merupakan petani sawit. Jika industri hilir akan terbangun di tempat kita, maka kita tidak tergantung lagi dengan ekspor CPO.

Dikawasan Tehnopolitan CPO (CrudePalm Oil), akan menambah nilai tambah dan mengurangi ketergantungan kita dengan luar negeri. Kita bersaing denga global menjual bahan jadi, tidak ekspor bahan baku sehingga impor barang jadi.

Tentu dengan adanya program Nawacita Jokowi akan meningkatkan persaingan kita dengan global, menambah penghasilan Negara juga devisa, menambah penghasilan daerah, menambah peluang usaha dan peluang tenaga kerja.

Kita siap menndukung program tehnopark karena demi kepentingan masyarakat bukan kepentingan pribadi.

Sementara itu panitia HUT Transmigrasi Desa Makmur, tidak dapat
melaksanakan seluruh kegiatan yang dijadwalkan, Karena kondisi hujan. (rdc)

  • Bagikan