Mengenal Lebih Dekat Sosok AKP Refina SIK, Kasat Lantas Polres Pelalawan

  • Bagikan
AKP Refina SIK Kasat Lantas Polres Pelalawan

RIAUDETIL.COM, PELALAWAN – Polres Pelalawan Memiliki Sosok Wanita yang tangguh dalam mengatur lalu lintas. Ia adalah AKP Refina SIK, Kasatlantas Polres Pelalawan.

Baginya,  dalam menjalankan tugas harus benar-benar menguasai semua persoalan yang muncul dan mampu memberikan solusi. Secara otomatis, dari sikap itu maka akan muncul keseganan.

Keseganan tidak hanya muncul karena menguasai lingkup pekerjaan, tetapi juga karena prilaku. Itulah yang dirasakan betul AKP Refina SIK dalam memimpin Kasat Lalu lintas di wilayah hukum Polres Pelalawan. Seperti apa sosok AKP Refina SIK? Berikut petikan Riaudetil.com

Bagaimana pelayanan lalu lintas yang diberikan kepada Masyarakat ?

Sejauh ini pelayanan yang saya berikan kepada masyarakat adalah pelayanan yang terbaik, guna terciptanya masyarakat sadar hukum dan tertib dalam berlalu lintas. Selain itu perhatian pada anggota, selalu mengutamakan musyawarah dan mufakat dalam setiap masalah yang terjadi. Harus memiliki integritas dan lebih mendahulukan kepentingan bersama dibandingkan kepentingan pribadi.

Selaku Kasatlantas Polres Pelalawan, bagaimana anda  mengambil keputusan dalam setiap masalah?

Memang harus bisa Mengambil keputusan yang adil. Maksudnya, sebagai seorang Kasatlantas Polres Pelalawan dalam menjalankan Tugas Dilapangan dan memberikan arahan kepada anggota tidak dilakukan secara otoriter selama anggota tidak melanggar dan tidak menghianati tugas yang diberikan, sepenuhnya diberikan kepada Anggota di lapangan, Memahami apa yang dilakukan untuk diri sendiri dan orang lain.

Sehingga dalam pengambilan keputusan mampu mengambil keputusan dengan adil dan bijaksana dan hanya akan memihak pada kebenaran dan selalu bersikap proporsional, meskipun itu terhadap anggota saya.

Intinya saya tidak membedakan orang berdasarkan keturunan, suku, golonganya dan bahkan jabatan.

Lalu, bagaimana mengubah citra polri di masyarakat?

Mengubah citra Polri di mata masyarakat yaitu selalu membuat program dan inovasi seperti Jambore Patroli Keamanan Sekolah, jalan lintas timur, Car Free Day, pembentukan Komunitas Otomotif Pelalawan Scoter Vespa, dll. Hal ini tentunya merupakan suatu inovasi yang sangat positif untuk dapat merubah citra Polri di masyarakat.

Dengan cara apa anda melakukan pendekatan dengan elemen masyarakat?

Sebenarnya melakukan pendekatan dengan masyarakat itu bisa dengan banyak cara. Seperti melakukan program turun kelapangan, melakukan sosialisasi lalu lintas dengan berbagai elemen masyarakat, anak anak sekolah dan menjadikan masyarakat sebagai sahabat.

Hal itu akan kami lakukan agar terciptanya lingkungan lalu lintas yang patuh terhadap hukum sesuai dengan tema yakni pelopor keselamatan berlalu lintas.

Apa rencana besar anda ke depan untuk bisa mewujudkan tatanan berlalu lintas yang baik?

Rencana besar saya dalam mewujudkan berlalu lintas jelas harus sesuai tupoksi saya selaku pengayom dan pelayan masyarakat serta menjadi penegak hukum dan memberikan perlindungan masyarakat khususnya pengendara motor dan Mobil.

Saya akan mengutamakan menjadi pengayom dan pelayan masyarakat ketimbang penegakan hukum. Meski penegakan hukum juga tidak akan kita abaikan. Karena, dengan cara perpentif hal ini bisa menekan angka kejahatan. (Sosok)

 

  • Bagikan