Bupati Syamsuar Lantik Pengurus Karang Taruna Kabupaten Siak

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, SIAK – Bupati Siak Syamsuar melantik sebanyak 72 orang Pengurus Karang Taruna Kabupaten Siak periode 2016-2021. Hadir dalam acara tersebut Ketua Karang Taruna Kabupaten Siak Ikhsan ST, Ketua I Karang Taruna Provinsi Riau Andi Kasman, Ketua DPRD Kabupaten Siak Indra Gunawan yang sekaligus juga sebagai Ketua Demisioner Karang Taruna Kabupaten Siak, Ketua Panitia, Beri Samudra, Unsur Muspida Kabupaten Siak, dan LSM. Pelantikan tersebut dilaksanakan di Gedung Tengku Mahratu, Minggu (22/1/2017).

Berdasarkan keputusan Bupati Siak Nomor 530/HK/KPTS/2016 tentang pengukuhan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Siak masa bakti 2016-2021, menimbang bahwa Temu Karya Daerah II Karang Taruna Kabupaten Siak untuk kepengurusan masa bakti 2016-2021 telah dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 12 November 2016, dan ditindaklanjuti dengan Surat Keputusan Temu Karya Daerah II Karang Taruna Kabupaten Siak Nomor : 05 KEP-04/TKD-III/KT/MRT/XI/2016, tentang pemilihan ketua Karang Taruna Kabupaten Siak Periode 2016-2021 juncto Surat Keputusan Tim Formatur Nomor : 06 KEP-05/TKD-III/KT/MRT/XI/2016 tentang Susunan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Siak Periode 2016-2021.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Siak Ikhsan menjelaskan, Karang Taruna merupakan tempat berkreativitas, tempat untuk membentuk generasi-generasi pemuda melalui wadah Karang Taruna. Tujuan dari Karang Taruna adalah bagaiman membentuk karakter jiwa yang unggul, membentuk individu yang berkreatif, dan membentuk pemuda yang inovatif.

“Salah satu tujuannya adalah bagaimana generasi-generasi muda mampu berkreatif, mampu membuat inovasi, mampu memunculkan sesuatu gagasan baru dan ide-ide baru untuk memajukan pemuda-pemuda yang ada di kampung-kampung,” ujarnya.

Ihsan mengungkapkan bahwa Karang Taruna Kabupaten Siak akan membuat kelompok usaha bersama. “Kami ingin membuat sebuah gerakan bersama, seperti yang diinginkan Pak Bupati bahwa pemuda-pemuda kita di kampung hari ini harus bisa berfikiran inovatif dan kreatif. Oleh karena itu kami berazam Karang Taruna Kabupaten Siak akan membentuk kelompok usaha bersama di masing-masing kecamatan, minimal 1 dulu” katanya.

Dikatakan Ihsan, dengan kondisi keuangan sekarang ini, tidak bisa lagi berharap dari anggaran pemerintah, anggaran APBD, oleh karena itu ia meminta semua pihak, khususnya pengurus Karang Taruna untuk mampu berinovasi, terutama bagi mereka yang ada di kampung.

“Misalnya, kita manfaatkan lahan yang ada di kampung untuk bercocok tanam, ini adalah bagian dari upaya kita memberdayakan dan membuat terobosan baru bagaiman kita menciptakan enterpreneurship pada kawawan-kawan karang taruna yang ada di kampung-kampung” tambahnya.

Sementara itu Bupati Siak Syamsuar mengucapkan selamat kepada pengurus Karang Taruna periode 2016-2021. “Selamat kepada pengurus yang baru, mudah-mudahan harapan saya dengan apa yang disampaikan tadi Karang Taruna ini mampu bersaing dan siap serta kreatif untuk menciptakan usaha-usaha sendiri baik sebagai pemuda tani, baik berkaitan dengan usaha-usaha kreatif dan brwirausaha dengan kemampuan dia sendiri” sebutnya.

 

 

  • Bagikan