Kapolri: Usut Tuntas Penyebab Kerusuhan Di Meranti

  • Bagikan

Kapolri Usut Tuntas Penyebab Kerusuhan Di Meranti
RIAU DETIL.COM, JAKARTA
– Kapolri Jenderal Tito Karnavian ternyata memberikan perhatian terkait kerusuhan massa dengan aparat Polres Meranti, Riau Kamis (25/8).Meski situasi sudah kondusif, dan untuk mengantisipasi agar tidak kembali terulang kejadian serupa, Kapolri memerintahkan Kepala Satuan Operasional (Kasops) dan Kadiv Propam Mabes Polri untuk mengusut tuntas permasalahan ini.

“Saya minta diusut secara serius, kalau seandainya memang betul adanya perlawanan, saksi-saksi menyatakan benar dan hasil visum adanya perlawanan dan confirm itu wajib dijelaskan kepada publik, untuk itu saya sudah menugaskan pejabat bintang 2 Kasops dan Kadiv Propam Mabes Polri itu juga bintang 2 untuk penyelidkan secara langsung,” jelas Tito usai salat Jumat di Masjid Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (26/8).

Sebagaimana dikutip Detik.com. Tito menegaskan, dalam perintahnya tidak boleh ada anggota kepolisian yang melakukan kekerasan berlebih kepada siapapun termasuk pelaku. “Saya sudah tegaskan di command list saya dengan jelas, tidak boleh melakukan kekerasan berlebihan kepada siapapun termasuk pelaku. Kalau ini yang menjadi masalah saya minta tegas kapolda untuk turun langsung dan menangani masalah ini dengan serius,” tegasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, buntut dari kematian Apri (24) pelaku pembunuhan Brigadir Adil, yang tewas karena diduga dianiaya petugas, menyebabkan 3000 an massa Kamis (25?8) mengepung dan menyerang Mapolres Meranti. “Kita enggak melindungi petugas. Jika memang semua sudah betul tim mabes dan tim Polda menyatakan adanya penganiayaan sehingga meninggal dunia kepada tersangka yang sudah diamankan.

Saya tidak akan segan-segan memprosesnya secara hukum internal dan pidana,” tutur Tito. Sementara itu, Kapolda Riau Brigjen (Pol) Supriyanto yang terjun langsung ke Meranti telah mengambil langkah-langkah untuk mengantisipasi adanya pergolakan. Selain melakukan pendekatan dengan keluarga korban, dirinya juga memerintahkan untuk memeriksa 15 aparat kepolisian yang diduga melakukan tindakan yang menyalahi prosedur dalam penangkapan Apri.

Bahkan Kapolda Riau dikabarkan, ikut memikul keranda mayat korban tewas pada saat kerusuhan sampai keliang lahat. Dan sampai berita ini diturunkan, suatu dan kondisi Kota Selatpanjang, Kepulauan Meranti sudah kondusif. Aktifitas perekonomian masyarakat sudah kembali bergeliat.(detik.com)

 

  • Bagikan