Proyek Pembangunan PLTS Bernilai Hampir 11 Milyar di Sokoi Kuala Kampar Dimulai 2017 Mendatang

  • Bagikan

Proyek Pembangunan PLTS Bernilai Hampir 11 Milyar di Sokoi Kuala Kampar Dimulai 2017 Mendatang

RIAU DETIL.COM,PELALAWAN – Pemkab Pelalawan melalui Dinas Pertambangan dan Energi Pelalawan padda tahun 2016 mendatang akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di daerah Sokoi, Kualakampar.

“Proyek pembangunan PLTS dari pusat, Kementerian ESDM. Di awal tahun 2016, kita mengajukan proposal untuk pembangunan PLTS ini 3 buah namun yang dikabulkan hanya satu,” terang Kabid Kelistrikan Distamben Pelalawan, Jhoni Naidi S.Sos, pada media ini, Rabu (31/8).

Jhon menjelaskan bahwa proyek dari Kementerian ESDM ini akan dimulai pada tahun 2017 mendatang. Karena ini pengerjaan pusat, maka Distamben Pelalawan kapasitasnya hanya membantu saja dalam pengawasan pembangunan nanti.

“Jadi kalau untuk lelangnya, itu urusan pusat,” kata Jhon sambil menyebutkan pagu untuk proyek ini hampir mencapai 11 milyar.

Untuk proyek PLTS ini, sambungnya, pihaknya hanya mengajukan proposal serta membuat RAB-nya saja. Sementara untuk masalah pelelangan, itu adalah urusan pusat.

“Kita mengusulkan 3 proyek PLTS, tapi yang dikabulkan cuma satu. Kalau tiga itu dikabulkan maka pagunya bisa mencapai 50 M lebih, tapi ini karena hanya satu maka anggarannya hanya kisaran 11 M saja,” ungkapnya.

Nanti setelah dibangun oleh pemerintah pusat, lanjutnya, maka akan diserahterimakan ke Pemkab Pelalawan. Namun dalam masa enam bulan pasca penyerahan aset tersebut ke Pemkab Pelalawan, jika ada kerusakan masih tetap menjadi tanggungan dari Pusat.

“Kalau sudah selesai akan diberikan ke kita. Jika dalam waktu enam bulan rusak, maka diselesaikan oleh pusat,” tukasnya. (zoel)

  • Bagikan